Ketua DPRD Mandailing Natal, H Erwin Efendi Lubis mengajak persatuan haji kloter I Mandailing Natal tahun 2023 agar sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Ajakan itu disampaikan, Erwin diacara silaturrahmi dan maulid nabi Muhamma SAW persaudaraan jamaah haji kloter 1 tahun 2023 di Desa Gunung Tua Panggorengan, Kecamatan Panyabungan, Minggu (8/10).

"Saat ini sudah masuk dalam tahun politik, Pileg, Pilpres dan Pilkada. Mari kita sama-sama berlaku objektif tidak intimidatif dan jangan saling memburukkan satu sama lain. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, jangan hanya gara-gara poltik kita saling hujat," ujar Erwin yang juga dewan pembina persaudaraan haji kloter I tahun 2023 itu.

Dalam silaturrahmi yang turut juga dihadiri oleh Ketua MUI Madina, Kasi Haji, Kemenag Madina dan ratusan haji dari kloter I dan 8 itu, Erwin yang juga Ketua DPD Gerindra Madina itu juga mengajak para jamaah haji yang hadir khususnya masyarakat Mandailing Natal supaya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti agar datang ke tempat pemungutan suara memberikan hak pilihnya.

"Sehingga tidak ada penyesalan dan tidak ada saling menyalahkan, saya meminta di tanggal (14/2) agar tidak ada satupun masyarakat yang tidak memberikan hak pilihnya di TPS," katanya.
 

Namun, terkait siapa nanti yang menjadi pilihan masyarakat dalam Pemilu (Pilcaleg) lanjut Erwin tergantung pilihan masyarakat yang menurut mereka yang terbaik.

"Saya berharap kepada jamaah, mari kita singkirkan kepentingan yang membuat kita harus berbeda. Mari kita bergandeng tangan dan satu tujuan yakni bersama-sama membawa Madina ke arah yang lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Haji, Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal, Irfansyah Nasution menyampaikan, segala kekurangan selama pelaksanaan haji tahun 2023 telah dibahas oleh kementerian yang berhubungan dengan haji, diantaranya adalah, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri dan kementerian lainnya.

Dia menyebut, untuk tahun 2024 jumlah haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah diperkirakan akan mengalami peningkatan yakni mencapai lebih kurang 700 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2023 yang mana jumlahnya hanya 508 orang.

"Kedepan Insyaallah kita akan dua kloter, maka segala sesuatunya juga bertambah termasuk petugas haji daerah yang selama ini tiga orang bertambah menjadi empat orang," jelas Irfan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023