Sebanyak 485 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) Angkatan 2023 mengikuti PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) tahun 2023 selama dua hari, Senin s/d Selasa (25-26/9).

Kegiatan yang berlangsung di kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri, Glugur, Medan disambut dan diikuti mahasiswa dengan antusias dan riang gembira. 

Hari pertama, mahasiswa baru FISIP bergabung bersama 5.363 mahasiswa baru UMSU dalam PKKMB Universitas yang dilaksanakan di halaman parkir tengah kampus. Setelah dibuka resmi Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, kegiatan diisi dengan Kuliah Umum yang disampaikan Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Siang hingga sorenya, PKKMB berlanjut di tingkat fakultas, FISIP sendiri mendapat tempat di Auditorium UMSU. Wakil Dekan 3 Dra. H. Yurisna Tanjung, M.AP yang juga Ketua Panitia Pelaksana PKKMB FISIP UMSU, menyampaikan kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti semua mahasiswa baru FISIP. 

485 mahasiswa baru itu tersebar di tiga program studi (Prodi), yakni Prodi Kesejahteraan Sosial dengan Akreditasi Unggul, Ilmu Administrasi Publik dengan Akreditasi A. Kemudian Prodi Ilmu Komunikasi dengan Akreditasi Unggul.

PKKMB  diisi dengan berbagai acara. Dari kegiatan ilmiah berupa penyampaian arahan dan motivasi dari WR 3 UMSU Dr. Rudianto. Paparan pimpinan program studi, materi dari himpunan mahasiswa jurusan, hingga berbagai hiburan yang ditampilkan para mahasiswa.

Selain serius mengikuti semua acara, para mahasiswa juga terlihat riang gembira selama kegiatan berlangsung. Mereka juga antusias dan komunikatif. Setiap narasumber dan pembawa materi menyampaikan pertanyaan dan meminta respon, para mahasiswa baru langsung berlomba memberi respon.

Kegembiraan juga terlihat karena di sela-sela materi dari WD 1 Dr. Abrar Adhani, M.IKom dan WD 3 Dra. Hj. Yurisna Tanjung, MAP diselingi dengan hiburan baca puisi, drama motivasi, dan lagu diiringi gitar. Beberapa kali mahasiswa baru terlihat tepuk tangan dan bersorak riang gembira.

“PKKMB yang kita lakukan tidak ada unsur perpeloncoan, apalagi kekerasan fisik. Kita juga tak aneh-aneh. PKKMB ini semangatnya untuk memantik kreatifitas, kolaborasi, dan untuk prestasi ke depan. Ayo selalu riang gembira,” ujar Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh dalam sambutannya.’

Hari kedua, PKKMB berlanjut ke kampus FISIP. Para mahasiswa baru ditempatkan di Aula FISIP dan dibagi ke beberapa kelas yang sudah dipersiapkan. Mereka mendapat materi dari masing-masing Ketua dan Sekretaris Program Studi, para dosen, dan pengurus HMJ. 

“Materinya beragam, seperti pengenalan organisasi dan aktivitas kemahasiswaan, sistem perkuliahan di perguruan tinggi, tugas dan fungsi dosen penasehat akademik, perkenalan dosen dan pegawai hingga kegiatan hiburan,” jelas Yurisna.

Selain pimpinan fakultas, PKKMB juga dihadiri pimpinan Prodi, yakni Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial Dr. H. Mujahiddin MSP dan Sahran Saputra, M.Si. Ketua dan Sekretaris Prodi IKO Akhyar Anshori M.Ikom dan Faisal Hamzah Lubis M.Ikom. Ketua dan Sekretaris Prodi IAP Ananda Mahardika MSP dan Dr. Jehan Ridho, M.Si. 
Selain itu ada juga dosen-dosen FISIP lainnya yang berperan sebagai pemateri seperti Dr. Rahmanita Ginting, Dr. Faustyna, Nurhasanah Nasution, M.IKom, Dr. Sigit Hariyanto, Dr. Fadhil Fahlevi, Winda, MSP, dan Atika, M.Si. 
  

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023