Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting mendukung film lokal karena menjadi salah satu media untuk mempromosikan pariwisata di provinsi ini. 

"Salah satunya film layar lebar Perik Sidua-dua, karena mempromosikan pariwisata Sumut seperti Danau Toba, Kabupaten Karo, serta Kabupaten Dairi yang mengangkat potensi alam, seni dan budaya, dan lainnya," ujar Baskami di Medan, Rabu. 

Ia mengatakan film yang menampilkan daerah tersebut harus didukung oleh semua lembaga pemerintah baik daerah maupun pusat beserta dinas terkait. 

"Kami akan upayakan untuk melibatkan Pemprov Sumut, Pemkab Karo, Pemkab Deli Serdang dan lainnya untuk menjadikan film ini sarana promosi pariwisata Sumut,"  kata Baskami.  

Benson Adi Saputra Kaban selaku produser film Perik Sidua-dua mengatakan cerita film nantinya akan mempromosikan ke dunia luar tentang keunikan, autentik, ekosistem wilayah Kabupaten Karo dan sekitarnya. 


"Ada banyak destinasi wisata alam yang tersebar hasil dari post vulkanik enam gunung api yang ada. Selain itu potensi agrowisata berbagai macam sayur dan buah, situs sejarah dan arkeologi, budaya dan tradisi," tuturnya.

Benson mengatakan ada 21 lokasi shooting film dan berpusat di Gardu Pandang Tongging sebagai markas. 

"Kami berharap dampak dari produksi film ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Karo, terlebih di bidang ekonomi kreatif yang berbasis geokultur wisata," katanya.

Adapun film ini masih dalam produksi, dan dijadwalkan tayang akhir tahun ini. 
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023