Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara, meningkatkan komitmen menekan angka stunting dengan melibatkan berbagai lembaga terkait di daerah itu, terlebih lagi persoalan anak gagal tumbuh akibat kurang asupan gizi itu sudah menjadi prioritas nasional.

"Komitmen terus kita tingkatkan. Pencegahan stunting telah menjadi prioritas nasional dan setiap tingkat pemerintahan dalam menyusun rencana dan anggaran pembangunan," kata Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar saat membuka Diseminasi Audit Stunting Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023, di Lubuk Pakam, Rabu.

Sejalan dengan itu, lanjut dia, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk mengoordinasikan, menyinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi dengan melibatkan lintas sektor di lingkup pemerintahan.

Untuk menjalankan tugas dan fungsi tersebut, pemerintah terus berupaya dalam menekan dan menurunkan angka stunting. Salah satunya dengan melaksanakan audit kasus stunting sebagai tindak lanjut atas apa yang telah dilakukan selama ini.

Pelaksanaan audit kasus stunting tersebut merupakan upaya penting yang harus dilakukan sebagai salah satu bentuk penguatan komitmen dan sinergitas bersama dalam upaya menekan dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Deli Serdang 2023.
 

"Selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Deli Serdang, saya berharap jajaran dinas dan seluruh sektor untuk terus bergerak dan mendukung daerah terhadap percepatan penurunan stunting agar tidak mengalami kenaikan," katanya.

Baca juga: Pemkab Deli Serdang ajak semua pihak cari solusi masalah sampah plastik

Ia juga meminta agar diseminasi audit stunting yang dilaksanakan bisa meningkatkan pemahaman tentang alur dan mekanisme pelaksanaan audit kasus stunting, sehingga dapat memperoleh gambaran tentang sasaran audit serta menyusun rekomendasi intervensi spesifik dan sensitif terhadap masing-masing sasaran audit yang ditetapkan.

Kepada seluruh komponen yang tergabung dalam struktur tim audit kasus stunting, ia menekankan, agar bisa memahami tugas dan tanggungjawab masing-masing serta bersinergi dalam melaksanakan seluruh upaya percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing.

"Mari manfaatkan forum audit kasus stunting ini, untuk menggerakkan dan menguatkan efektivitas pelaksanaan penurunan stunting di Kabupaten Deli Serdang. Puskesmas mempunyai peranan sangat penting, bahkan posyandu bisa mendeteksi dari ibu hamil sampai anak umur dua tahun," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023