Pj. Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas  menghadiri kegiatan High Level Meeting (HLM) Tim Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Tapanuli Tengah dan Grand Launching Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB),secara nontunain dengan menggunakan Kanal Digital.

"Ini merupakan upaya yang sangat luar biasa, lewat Transaksi keuangan digital, masyarakat dan koorporasi jauh lebih aman, mudah dan fleksibel, seperti dalam pelayanan pajak, restribusi dan pola pembayaran lainnya di tengah masyarakat," kata Pj. Bupati Tapteng usai menghadiri kegiatan, Selasa (25/07).

Masih katanya, transaksi keuangan digital,  baik yang dilakukan oleh Pemda, masyarakat, maupun dunia usaha/koorporasi memiliki manfaat.
Proses lebih cepat, Fleksibel dan Transparan, cukup dengan menggunakan ponsel dan internet, transaksi dapat dilakukan secara efisien dalam satu waktu.

Fleksibel artinya, transaksi keuangan digital  yang dilakukan secara mobile,  kapan dan dimana saja. Cukup dengan memiliki ponsel, jaringan internet, dan aplikasi khusus pembayaran.

Selain itu juga transparan, umumnya proses pembayaran digital terhubung dengan email pengguna yang dapat melakukan tracking secara otomatis terhadap aktivitas transaksi yang dilakukan, laporan transaksi sesuai dengan riwayat yang dilakukan akan dikirimkan secara berkala,buku tabungan dapat dilihat melalui digital.Kelebihannya lagi, pembayaran digital akan lebih terjamin keamanannya karena data transaksi dilindungi oleh teknologi enkrips

"Kepada seluruh jajaran Pemkab Tapanuli Tengah saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan untuk membangun akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan di daerah lewat Transaksi keuangan digital. Ini merupakan hal penting guna mendorong perekonomian di Kabupaten Tapanuli Tengah semakin tumbuh dan pelayanan publik pun semakin baik," ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Pj. Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, menghimbau  kepada  OPD Pemkab Tapanuli Tengah agar menggunakan 
Kanal Digital dalam melakukan transaksi, guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah yang  dapat mengoptimalkan kerjasama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Bank RKUD/Bank Sumut, sebagai penyedia layanan produk perbankan yang mendukung sistim pembayaran non tunai dalam mewujudkan ETPD di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Selain itu, juga dapat melaksanakan Sosialisasi dan Edukasi guna meningkatkan literasi dan minat masyarakat dalam bertransaksi nontunai terutama menggunakan kanal digital. Untuk meningkatkan eletroniasasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) agar masing masing OPD penghasil Pajak dan Retribusi Daerah melakukan Pemetaan ETPD, menindaklanjuti rencana aksi pada Road map / Peta yang telah disepakati dan melakukan pengembangan ETPD dengan memanfaatkan QRIS dan Kanal Digital Lainnya.

"Guna mendukung program tersebut, saya berharap seluruh OPD dapat  mengoptimalkan Penyediaan dan peluasan jaringan free wifi pada area publik. Agar masayarakat dapat lebih mudah melalukan transaksi digital," pungkasnya.
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023