Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani meminta Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) agar segera menyalurkan bantuan untuk para abang becak yang sudah ditampung di APBD Tapteng 2023.

Hal itu disampaikan Bakhtiar didampingi Ketua Dewan Pembina NasDem Tapteng Darwin Sitompul, Sekretaris DPD NasDem Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu yang juga Ketua DPRD Tapteng, bersama Fraksi dan Anggota DPRD Tapteng dari partai Nasdem, di kantor DPD NasDem Tapteng, di Pandan, Jumat (21/7/2023).

Diungkapkan Bupati Tapteng Periode 2017-2022 itu, di masa kepemimpinannya sebagai Bupati bersama Wakilnya Darwin Sitompul, mereka telah memperjuangkan bantuan untuk 1.000 orang abang becak sebesar Rp 1 miliar, dengan rincian Rp 1 juta perorang. Dan sebelum masa jabatan mereka berakhir pada bulan Mei 2022 lalu, Eksekutif dan Legislatif sudah sepakat untuk menampung Rp 2 miliar bantuan untuk abang becak di APBD 2023.

“Waktu itu sudah kita tugaskan Ketua DPRD Tapteng selaku Sekretaris DPD NasDem Tapteng bersama dengan Fraksi dan 14 Anggota DPRD Tapteng dari NasDem untuk mengawalnya di DPRD. Dan alhamdulillah sudah disetujui. Mengingat saat ini sudah bulan Juli 2023, maka kami meminta kepada Pemkab Tapteng agar segera menyalurkan bantuan tersebut, karena itu sudah sangat dinanti-natikan para saudara kita abang becak yang ada di Tapteng,” terangnya.

Menurut Bakhtiar, bantuan tersebut merupakan bagian dari bukti bahwa Pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat kalangan bawah yang butuh uluran tangan dan perhatian dari Pemerintah.

“Makanya kami rapat hari ini untuk meminta kepada pihak eksekutif, agar segera mencairkan bantuan tersebut supaya bisa digunakan para abang becak untuk memperbaiki becaknya, maupun membantu kehidupan perekonomian mereka. Dan sudah barang tentu Pemerintah hadir di situ," tegas politisi muda itu sembari menambahkan bahwa pihaknya tidak ingin menunda-nunda penyaluran bantuan tersebut, mengingat program itu berasal dari niat yang baik, dan bukan bermaksud untuk berkampanye.

 Dikesempatan tersebut, Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menegaskan, bila ternyata program tersebut nantinya tidak direalisasikan oleh Pemkab Tapteng sebelum 17 Agustus 2023, maka mereka dari Partai NasDem Tapanuli Tengah akan menanggulangi bantuan tersebut.

“Artinya, NasDem tetap pada komitmennya bantuan sebesar Rp 2 miliar untuk 1.000 orang abang becak Tapteng akan tetap berjalan meski Pemkab Tapteng tidak menyalurkannya sebelum 17 Agustus 2023,” tegasnya kembali.

Atas keterlambatan tersebut, Bakhtiar menyampaikan permohonan maafnya kepada para abang becak yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Kepada para abang becak kami mohon maaf, karena kami tidak lagi Bupati. Jadi, komunikasi terbatas ke pihak eksekutif, yang jelas bantuan itu harus disalurkan. Jika seandainya juga Pemkab tidak menyalurkan, NasDem Tapteng siap untuk menanggulanginya," ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu sudah menyampaikan hal itu ke Pemkab Tapteng. Bahkan sebagaimana disampaikan Ketua DPD NasDem Tapteng bahwa Sekda sudah langsung ditelepon terkait penyaluran bantuan tersebut.

“Saudara Sekda Tapteng telah berjanji akan segera menyalurkan bantuan tersebut dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023