Sehari menjelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun Labuhanbatu Utara ke-15, sejumlah pejabat dan anak tokoh pemekaran kabupaten itu berziarah ke makam para penggagas dan pejuang pemekaran yang telah meninggal dunia.

Diantara makam tokoh yang diziarahi adalah mantan Wakil Bupati Labura H Minan Pasaribu SH MM, Eri Gusti Sianipar, Zaini Chaniago, Buyung Efendi dan Timbul Hasibuan SH. Sedangkan almarhum Dewi Syukur sebagai tokoh sentral pemekaran Labura dimakamkan di Jakarta.

Rombongan pejabat yang berziarah dipimpin Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung ST MH. Sementara anak tokoh pemekaran langsung dipimpin Ketua Forum Komunikasi Anak Tokoh Pemekaran Labura (FKATPL) Amranuddin Tanjung.

Lokasi yang diziarahi Wabup dan rombongan berada di dua kecamatan yaitu Kualuhhulu dan Kualuhselatan. Sedangkan di enam kecamatan lain, ziarah ke makam tokoh pemekaran dipimpin camat masing-masing.
 

Samsul Tanjung menyebutkan, ziarah ke makam almarhum tokoh pemekaran tersebut merupakan agenda rutin setiap menjelang HUT kabupaten yang lahir berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2008 tertanggal 21 Juli 2008 tersebut. 

"Semoga para tokoh pemekaran Labura yang telah berpulang ke Rahmatullah diampunkan semua kesalahannya dan di lapangkan kuburnya dan diterima segala amal ibadahnya," ucap wabup di sela ziarah ke makam tokoh pemekaran tersebut.

Selain itu, Ketua Karang Taruna Labura Yudha Iskandar Aruan SP MSi yang juga merupakan anak salah seorang tokoh pemekaran kabupaten itu juga melakukan hal serupa. 

Memimpin sejumlah pengurus Latar Labura, pria yang sehari-hari bertugas sebagai salah satu kepala bidang di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Labura itu menziarahi makam tokoh pemekaran termasuk almarhum ayahnya M Yusuf Aruan.
Ketua Katar Labura Yudha Iskandar Aruan saat berziarah ke makam tokoh pemekaran sehari menjelang HUT ke-15 Labura, Kamis. (ANTARA/HO/Katar Labura)


 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023