Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib ikut Pawai Ta'ruf yang diawali dari depan Masjid Raya Sultan Ahmadsyah daerah setempat, Rabu (19/7).

Usai melepas peserta pawai terdiri dari kalangan PNS, Guru, Pelajar dan Ormas, Wali Kota Tanjung Balai bersama jajaran OPD ikut berjalan kaki dalam rombongan pawai.

Terpantau ribuan peserta pawai melintasi Jalan Masjid, Jend Sudirman, S. Parman (Listrik) dan Jalan Pahlawan menuju lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah tempat mimbar kehormatan.

Setibanya di mimbar kehormatan,  peserta disambut oleh Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib didampingi unsur Forkopimda daerah setempat.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengimbau umat Muslim untuk memaknai Tahun Baru Islam dengan merenungkan perjalanan hidup, mengintrospeksi diri, dan melakukan tindakan taubat.

Momen Tahun Baru Islam hendaknya membangkitkan kesadaran akan kehidupan yang singkat di dunia, dan pentingnya memperbaiki diri serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Tahun Baru Islam bukan sekadar perayaan pergantian tahun, melainkan sebagai pengingat kaum Muslim atas peristiwa hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Dari kejadian hijrah tersebut hendaknya umat Islam mengambil makna dan pesan yang terkandung, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Waris Tholib. 

Wali Kota menambahkan, momen hijrah Rasulullah SAW mengandung makna agar umat Islam berhijrah dari masa kebodohan kepada masa kecerdasan, pandai, dan terampil. Hijrah dari keburukan ke kebaikan, dengan meninggalkan segala perilaku tercela dan menjadi pribadi yang terhias sifat terpuji. 

Kemudian hijrah dari konflik masalah ke perdamaian, kerukunan, dan toleransi, serta hijrah dari ketidakpedulian kepada peduli dengan memperhatikan kondisi sesama saudara seakidah.

Sebelumnya, Pemkot Tanjung Balai juga menyelenggarakan Pawai Obor menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, yang dilepas Wali Kota H.Waris Tholib dari depan rumah dinasnya, pada Selasa (18/7) malam.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023