Sebanyak 147 warga Kota Medan, Sumatera Utara, mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan ternama di daerah ini lewat bursa kerja mini pemkot setempat.

"Hasil dari tiga pelaksanaan 'job fair' (bursa kerja) sebelumnya sebanyak 147 orang warga Kota Medan diterima bekerja di perusahaan, lima orang di antaranya penyandang disabilitas," ucap Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon di Medan, Selasa.

Pihaknya sudah menggelar bursa kerja mini Pemkot Medan di tiga kantor kecamatan, yakni Medan Deli, Medan Helvetia, dan Medan Barat.

Untuk pelaksanaan bursa kerja mini Pemkot Medan di Kecamatan Medan Tembung ini, ia menyebut, 1.600 lowongan pekerjaan disediakan 10 perusahaan di Kota Medan.

"Ada 1.600 lowongan pekerjaan tersedia dalam 'job fair' mini kali ini, termasuk juga lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas," katanya.

Terkhusus, sebut dia, lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Columbia Asia akan beroperasi di wilayah Medan Tembung diharapkan bisa merekrut sebanyak-banyaknya warga Kota Medan yang berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
 

Pihaknya juga berharap melalui bursa kerja mini Pemkot Medan tersebut semakin banyak warga ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang terserap untuk bekerja di perusahaan.

Hal itu, katanya, dapat menekan angka pengangguran di Kota Medan sesuai visi misi Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Data Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada Agustus 2022 turun menjadi 8,89 persen dari sebelumnya 10,81 persen pada Agustus 2021.

"Kita berharap adanya 'job fair' ini mengurangi angka pengangguran di Kota Medan, seperti yang diinginkan oleh Bapak Wali Kota Medan," kata dia.

Utari, pelamar Rumah Sakit Columbia Asia mengapresiasi atas bursa kerja itu,  karena membantu warga mencari lowongan pekerjaan perusahaan ternama di daerah ini.

"Kita banyak dapatkan informasi perusahaan apa saja yang membuka lowongan pekerjaan, sehingga dengan mudah untuk mendaftar sesuai pekerjaan yang kita inginkan," ucapnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023