Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Provinsi Sumatera Utara membuka pasar lelang komoditas di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Senin (26/6).

Pembukaan pasar lelang komoditas itu di tandai dengan pemberangkatan pengiriman hasil pertanian jeruk dan kol dari Kabupaten Simalungun ke Pasar Keramat Jati, Jakarta.

Sekretaris Dinas Perindag dan ESDM Provinsi Sumatera Utara Yossi Sukmono melalui zoom meeting mengapresiasi kesiapan Kabupaten Simalungun mendukung program Pemprov Sumut. 

Diharapkan, pasar lelang dapat membantu daerah untuk meningkatkan perekonomian dan juga dapat menjaga inflasi di daerah serta membantu para petani memasarkan hasil pertanian. 

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan terimakasih atas solusi pemasaran hasil tani yang selama ini menjadi persoalan. 

Bupati berharap, pembukaan pasar lelang terus berkelanjutan supaya hasil pertanian yang surplus di Simalungun, seperti jahe merah, bawang merah tetap bisa dipasarkan. 

Diusulkan pasar lelang dibuka satu bulan satu kali dan Pemkab bersedia menyiapkan data hasil pertanian serta lokasi tempat pasar lelang. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023