Pemerintah Kota Medan berjanji mengendalikan harga cabai merah dan daging ayam agar tidak fluktuatif pada beberapa bulan terakhir.

"Kami sudah memikirkan itu sejak tahun lalu. Oleh karena itu, agar harga tetap stabil, kami bekerja sama dengan daerah-daerah penghasil bahan pangan seperti Kabupaten Dairi," ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Medan Benny Nasution, di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Benny melanjutkan, hasil-hasil pertanian dari daerah-daerah mitra tersebut akan disimpan lalu disalurkan ke pasar melalui PUD Pasar Medan.

Dengan adanya pasokan yang cukup, Benny yakin harga komoditas pangan tidak turun atau naik terlalu tajam.

"Kami melepas bahan-bahan pangan ke pasar-pasar dengan harga yang standar untuk menekan harga," kata dia.

Pada Mei 2023, Kota Medan mengalami inflasi bulanan 0,24 persen, dan tingkat inflasi tersebut paling banyak dipengaruhi (0,17 persen) oleh meningginya harga daging ayam ras.

Sementara harga cabai merah yang relatif rendah sepanjang Mei 2023, memberikan andil deflasi terbesar di ibu kota Provinsi Sumut tersebut yakni 0,12 persen.

Pada Mei 2023, harga cabai merah di Medan sempat menyentuh Rp15 ribu per kilogram, di bawah harga normal, yakni sekitar Rp20 ribu-Rp25 ribu per kilogram.

Adapun harga daging ayam sempat menyentuh rata-rata Rp35 ribu-Rp40 ribu per kilogram.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut sudah mengingatkan pemerintah di Sumut untuk mengantisipasi harga cabai merah dan daging ayam ini.
 
Berdasarkan catatan BPS Sumut, rata-rata harga daging ayam ras di Sumut pada Mei 2023 adalah Rp34.160 per kilogram, lebih tinggi daripada bulan sebelumnya, April 2023 yaitu Rp29.130 per kilogram.

Dia juga mewanti-wanti soal harga cabai merah yang cenderung semakin rendah.

Seusai mencatatkan harga dengan rata-rata Rp38.800 per kilogram pada Februari 2023, harga cabai merah di Sumut terus menurun hingga menyentuh rata-rata Rp16.900 per kilogram pada Mei 2023.

Terkait cabai merah ini, Benny Nasution menyebut bahwa harganya murah lantaran banyaknya stok pascapanen.

"Stoknya banyak makanya harganya anjlok. Oleh karena itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena nanti akan kembali naik mengikuti musim," ujar Benny.


Dikutip dari laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Selasa (6/6), harga rata-rata cabai merah di Medan adalah Rp21.900 per kilogram, lebih rendah daripada harga rata-rata di Sumut yakni Rp23.300 per kilogram.

Adapun rata-rata harga daging ayam ras di Medan sudah bertengger di Rp40.900 per kilogram, lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata Sumut yaitu Rp40.250 per kilogram.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023