SMKN Pertanian Pembangunan-1 Kualuhselatan (Kusel) mendapat kunjungan mendadak Presiden RI Joko Widodo, Rabu (17/5). Hal itu mengejutkan Kepala SMKN Dame Ginda, guru serta pelajar sekolah tersebut.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wagubsu Musa Rajeckshah, Kepala UPTD Pendidikan Rahmat Hidayat Rambe dan Kasek SMKPPN-1 Kualuhselatan Dame Ginda mengitari lokasi SMKPPN-1, Rabu. (ANTARA/Sukardi)


Apalagi selain presiden turut mendampinginya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wagubsu H Musa Rajecksah, Pangdam I/BB Mayjen A Daniel, Kapoldasu Irjen Panca Simanjuntak, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus dan pejabat lainnya.

Presiden menyatakan kunjungannya ke sekolah itu untuk melihat langsung bagaimana para siswa mempraktikkan ilmunya bagaimana bertanam atau beternak dengan baik dan benar. .

"Sekolah menengah kejuruan (SMK) menjadi kunci kemajuan negara. Karenanya diharapkan siswa SMK jurusan pertanian dan perkebunan ini dapat belajar dengan baik, termasuk mendapatkan pelajaran praktikum,”katanya kepada wartawan yang hadir di lokasi.

Ia mengakui kunjungan tersebut bersifat dadakan. Karena ingin melihat bagaimana para siswa melakukan praktik secara langsung. Presiden juga sempat berdialog dengan salah seorang siswa di areal pembibitan kelapa sawit sekolah itu.

Jokowi juga melihat peternakan yang ada di sekolah itu. Pada kesempatan tersebut ia berdialog dengan seorang guru perempuan terkait peternakan yang ada dan mendapat penjelasan secara gamblang dari sang guru.

Sebelum meninggalkan sekolah itu, Presiden berjanji akan mengirim sejumlah ternak sehingga bisa menjadi bahan sarana belajar praktikum para siswa nantinya. 

Selama melakukan peninjauan di sekolah tersebut, Presiden didampingi Kepala SMKPPN-1 Dame Ginda serta Kepala UPTD Pendidikan Sumut Drs H Rahmat Hidayat Rambe MSi.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023