Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, melalui Dinas Kesehatan menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran II secara serentak.

Kadis Kesehatan Tapteng, Nursyam mengatakan, imunisasi Polio putaran II dilakukan sebagai lanjutan dari pelaksanaan Sub PIN putaran I, yang bertujuan untuk mencegah anak-anak Tapteng usia 0-59 bulan terkena atau terpapar Virus Polio.

"Dengan adanya imunisasi putaran kedua ini tentu, kita mengharapkan dapat memutus mata rantai penularan Virus Polio di Kabupaten Tapanuli Tenga,"kata Nursyam usai monitoring pelaksanaan imunisasi polio, Selas (16/05).

Masih katanya,  Virus Polio dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen pada anak. Virus Polio tidak dapat diobati sehingga. Nmun, dapat mencegahnya melalui imunisasi. 

"Melalui Sub PIN Polio Putaran II ini, anak usia 0 sampai dengan 59 bulan kami harapkan telah mendapatkan tetes Polio sebanyak minimal dua kali sehingga terbentuk kekebalan pada anak dari Virus Polio," ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Nursyam menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dan para Orangtua untuk membawa anaknya.

Khususnya anak usia 0  hingga 59 bulan untuk datang ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat. Vaksin Polio dapat diperoleh di Puskesmas, Pustu, Posyandu dan PAUD, dan Pos Imunisasi lainnya, tidak dipungut biaya sama sekali.

"Mari kita sukseskan bersama. Sasaran Sub PIN I sebanyak 41.686 anak. Pada Sub PIN putaran I sebanyak 39.647 anak telah divaksin, atau sebesar 95,10 persen. Dan untuk Sub PIN putaran II ini sasarannya juga 41.686 anak. Kita harapkan targetnya meningkat dibanding yang telah dicapai pada Sub PIN Polio Putaran I tempo hari," ujarnya.

Lanjutnya, Sub PIN putaran II dilaksanakan selama seminggu sejak tanggal 15 Mei 2023, ditambah lima hari untuk sweeping. Kegiatan ini serentak di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Utara, juga serentak di seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sambungnya, sebagai langkah awal memonitoring pelaksanaan vaksinasi di 25 puskesmas yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Pos PIN lainnya sudah dilakukan dan mencetak media KIE, kerjasama dengan lintas sektor meliputi Camat, Lurah dan Kepala Desa, Tim Penggerak PKK, termasuk melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta melaksanakan kunjungan rumah.

“Meneruskan pesan dari Pj Bupati, Bapak Elfin Elyas, mari kita sukseskan Sub PIN Polio Putaran II ini di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Manfaatnya sangat besar buat anak-anak Tapteng dan imunisasi tersebut gratis,” pungkasnya.
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023