Sejumlah operator bus angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) di Medan menyebut, jumlah penumpang dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, meningkat 20 persen di arus balik Lebaran 2023.

"Terjadi peningkatan sekitar 20 persen dari Madina di arus balik Lebaran tahun ini," ungkap Humas PO ALS Alwi Matondang di Medan, Sumut, Sabtu. 

Peningkatan rute Madina - Medan tersebut, lanjut dia, mulai terjadi sejak Jumat (29/4), namun pihaknya tidak sampai menambah jumlah armada. 

Sedangkan daerah lain di Sumut, di antaranya Gunung Tua, Sibuhuan, Sipirok dan Padang Sidempuan masih normal penumpang arus balik Lebaran tahun ini.

Data Angkutan Lebaran Terminal Terpadu Amplas Medan 2023, PO AKDP pada H+1 hingga H+5 untuk kedatangan maupun berangkat tercatat 120 unit dengan jumlah penumpang 2.835 orang. 

"Kalau daerah lain masih normal atau seperti biasa, termasuk penumpang dari Medan ke daerah lain di Sumut," ungkap Alwi. 

Hendra Jaya Taringan, penjual tiket salah satu bus AKDP mengaku mulai terjadi peningkatan penumpang arus balik Lebaran tujuan Medan dari pantai barat di Sumut.

Atas kondisi itu, pihaknya menyiagakan 40 unit minibus setiap hari mengantisipasi lonjakan penumpang yang melintasi sejumlah daerah di pantai barat. 

"Kami perkirakan peningkatan ini terjadi hingga tanggal 1 Mei 2023 yang merupakan hari libur buruh," tuturnya. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023