Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara meningkatkan pengamanan pada sejumlah objek wisata yang diprediksi bakal sangat ramai pada puncak libur Lebaran pekan ini. 

"Pengamanan operasi khusus bukan hanya jalur arus mudik maupun arus balik saja, melainkan juga objek wisata," ucap Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, di Medan, Sabtu. 

Ia mengatakan, personel telah ditempatkan di pos maupun tempat yang sudah disediakan untuk mengantisipasi kemacetan, seperti halnya di tempat favorit wisatawan di kawasan Berastagi Kabupaten Karo. 

Untuk itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar mengatakan pihaknya sudah memprediksi pada pekan ini merupakan puncak liburan Lebaran 2023.

"Kami telah mendirikan pos pengamanan pelayanan maupun kesehatan di titik kemacetan dan sudah menggelar personel," ucapnya. 
Disamping itu, pihaknya juga menempatkan personel di objek wisata Berastagi dan sekitarnya untuk membuat rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. 

"Kami juga mengimbau bagi pengendara agar mematuhi peraturan lalu lintas dan persiapkan kendaraan yang optimal agar perjalan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Pancur Batu Iptu Rizal mengatakan baik pengendara pemudik maupun wisatawan sudah diantisipasi. Personel telah ditempatkan di titik rawan kemacetan. 

"Kami juga mendirikan pos seperti di kawasan Sibolangit, Tirtanandi dan Pancur Batu. Untuk itu, kami mengimbau agar pengendara mematuhi lalu lintas dan tidak saling mendahului, agar lalu lintas berjalan dengan baik," ujarnya. 
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023