Bidan mempunyai tanggungjawab moral yang besar. Ingat sumpah jabatannya kepada Tuhan. Sumpah jabatan janji kepada Tuhan bukan janji kepada Wali Kota.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP, saat memberikan bimbingan dan arahan dalam acara Pencanangan Momentum Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan tahun 2023, Senin (20/03/2023) di Puskesmas Teluk Karang, Kec. Bajenis.

Di tahun 2021 lalu, angka stunting secara nasional mencapai 24 persen, dimana Kota Tebing Tinggi dalam persentase 17 persen dan di tahun 2022, Kota Tebing Tinggi naik menjadi 19 persen. 

Ini merupakan tanggungjawab kita bersama terutama yang bergerak di bidang kesehatan ini. Lupakan pola pikir lama yang menunggu tapi kita harus turun bantu ke masyarakat. Saya mau tahun 2023, angka stunting kita turun menjadi 14 persen, sesuai standar Presiden RI Bapak Jokowi, kata  Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota juga meminta kepada stakeholder terkait agar bekerjasama kolaborasi dan apabila ada hal perlu penanganan agar segera dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi.

"Selamat bertugas kepada para Bidan, ingat mars, ingat sumpah jabatan tadi. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Pencanangan Momentum Bakti Sosial IBI-KB-Kes secara resmi kami launching," tutup Pj. Wali Kota. 

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) yang disampaikan Ketua PC IBI Kota Tebing Tinggi Rahmayani Lubis, S.Kep., bahwa tujuan umum dari acara ini adalah untuk meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan Keluarga Berencana dan kesehatan melalui bhakti sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI)-KB-kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan khususnya Kota Tebing Tinggi.

Adapun tujuan khusus, pertama meningkatkan cukupan peserta KB baru sebesar 75 persen dari PPM tahun 2029, kedua meningkatkan pembinaan keberlangsungan peserta KB aktif.

Ketiga, meningkatkan partisipasi aktif organisasi profesi, khususnya IBI baik ditingkat provinsi, Kab/ kota, Kecamatan dalam pengelolaan dan pelayanan KB dan kesehatan.

Dan keempat, meningkatkan peran dan komitmen mitra kerja di setiap tingkatan dalam memberhasilkan pelaksanaan program kependudukan KB dan pembangunan.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama momentum IBI-KB-kesehatan kepada masyarakat Kota Tebing Tinggi ini ialah : pelayanan Posyandu, pelayanan KB, pelayanan kesehatan dan pelayanan pemeriksaan Iva Test.

“Ucapan terima kasih kepada Bapak Pj. Wali Kota Tebing Tinggi dan dinas OPD yang terkait yang telah membantu kami untuk terselenggaranya kegiatan ini. Atas perhatian kita semua, saya mengucapkan terima kasih, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita sekalian,” tutup Ketua Panpel.

Dengan thema "Melalui Momentum Bhakti Sosial IBI-KB-Kes Kita Perkuat Peran Bidan Dalam Pencapaian Keikutsertaan Ber-KB Dan Percepatan Penurunan Stunting".

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan Posyandu di Puskesmas Teluk Karang dan berfoto bersama. 

 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023