Menjelang Ramadhan hargai cabai merah dan cabai rawit mengalami penurunan di sejumah pasar tradisional di Kota Medan.

Menurut pantauan di Pasar Sukaramai, harga cabai merah ditaksir Rp30.000 per kilogram (Kg), sama halnya seperti cabai merah, harga cabai rawit juga mengalami penurunan, cabai rawit menginjak diangka Rp28.000 per kilogram (Kg).

Seorang pedagang Pasar Sukaramai, Sahat, di Medan, Kamis, mengatakan saat ini harga cabai merah dan cabai rawit mengalami penurunan dibandingkan pada pekan lalu.

"Hari ini cabai merah dan cabai rawit turun, kalau minggu lalu harga cabai rawit Rp32.000 per kilo gram, kalau cabai merah Rp40.000 per kilogram," ujarnya.

Hal serupa terjadi di pasar Petisah, pasar yang terletak di Jalan Baru Kota Medan ini, harga cabai merah terpantau  Rp30.000 per kilogram (Kg) sedangkan cabai rawit dijual Rp28.000 per kilogram (Kg)

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menanggapi tren penurunan yang dialami pada harga cabai merah dan cabai rawit tersebut.

Menurut Gunawan, penurunan harga tersebut disebabkan dengan melimpahnya pasokan cabai, Hal itu dikarenakan di sejumlah daerah Sumut sedang memasuki musim panen.

"Harga cabai di Kota Medan selama bulan Maret ini dalam tren penurunan harga. Pemicunya adalah pasokan yang melimpah seiring dengan musim panen di beberapa wilayah seperti Deliserdang dan Batubara," ujarnya.

Gunawan menilai meski menjelang Ramadhan harga cabai di Sumatera Utara belum mengalami peningkatan.

"Untuk permintaan cabai sendiri belum mengalami peningkatan meskipun tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan," katanya.

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023