Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Taufik Ririansyah menjelaskan, vaksinasi Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio mencapai 81,99 persen di Kota Medan, Sumatera Utara.

"Dari target 95 persen yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, capaian imunisasi polio di Kota Medan masih 81,99 persen atau 136.876 anak," ucap Taufik di Medan, Kamis.

Untuk mencapai target 95 persen itu, lanjut dia, Dinas Kesehatan Kota Medan memperpanjang masa Sub PIN Polio tahap pertama melalui 41 Puskesmas dan mendatangi bayi serta balita.

Akibat jumlah bayi maupun balita usia 0-59 bulan terdata di ibu kota Provinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan tetes vaksin polio belum memenuhi target.

"Sub PIN Polio tahap pertama seharusnya sudah berakhir kemarin, tapi diperpanjang karena belum mencapai target maksimal," terangnya.

Pihaknya kini terus mengejar dan melakukan berbagai upaya agar pelaksanaan Sub PIN Polio Kota Medan memenuhi target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

"Masih ada sekitar 13,01 persen mencapai target 95 persen di Kota Medan," tutur dia.

Taufik juga mengungkapkan pihaknya telah melakukan berbagai upaya, di antaranya membuka layanan fasilitas kesehatan khusus Puskesmas.

Selain itu, langsung menjemput bola dengan mendatangi tempat pendidikan anak usia dini maupun taman kanak-kanak di Kota Medan untuk melaksanakan Sub PIN Polio.

"Banyak ditemukan di lapangan, masyarakat belum tahu pentingnya arti vaksin polio. Ini salah satu kendala yang sering kita jumpai di lapangan," sebut Taufik.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023