Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus SE MM didampingi Kepala Dinas Pertanian drh Sudarija menghadiri Rapat Koordinasi Sawit Nasional yang berlangsung di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Senin.

Rakor tahun ini mengusung tema Optimisme Pembangunan Perkebunan 2023: Akselerasi Pencapaian Peremajaan Sawit Rakyat. Kegiatan dibuka Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pada acara itu Mentan antara lain menyebutkan, pemerintah menargetkan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) setiap tahun seluas 180 ribu hektare yang tersebar di 21 provinsi. Untuk itu, YSL meminta agar aturan dibuat dengan sederhana.

"Kita pastikan PSR sawit ini berjalan dengan baik. Tapi saya minta jangan ada aturan yang ribet-ribet karena program ini adalah program rakyat," katanya seraya meminta agar program itu menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama dalam meningkatkan produktivitas.

Labura merupakan kabupaten yang belum genap berusia 15 tahun. Sebagian wilayahnya merupakan perkebunan kelapa sawit baik milik BUMN, perkebunan swasta nasional dan perkebunan rakyat.

Selain itu, di kabupaten bermotto Basimpul Kuat Babontuk Elok itu juga terdapat banyak pabrik kelapa sawit dengan kapasitas produksi yang bervariasi.


 

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023