Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) memberikan penghargaan atas konsistensi Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) melestarikan Bahasa Daerah.

Penghargaan tersebut di serahkan Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim kepada Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu melalui Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu.

"Penyerahannya di Golden Ballroom The Sultan Hotel, Jakarta, Senin (13/2) malam bersama 16 daerah lain yang di undang menerima penghargaan," Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu dalam keterangan pada Kamis (16/2).

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu sangat mengapresiasi atas penghargaan tersebut, dan menyatakan Pemkab Tapsel akan akan terus komit tumbuh kembangkan budaya dan bahasa lokal.

"Pasalnya, budaya lokal termasuk bahasa daerah penting di lestarikan. Karena mengandung nilai-nilai luhur serta budi pekerti yang kuat di tengah masyarakat," sebutnya.

Di katakan ada enam (6) orang pelajar selaku duta Tapsel yang mengikuti festival tunas bahasa ibu (FTBI) yang dimulai 12 hingga 16 Februari 2023 di Jakarta tersebut.

"Salah satunya bernama Diska Khairani Hasibuan kategori mendongeng (asal SDN No.100104 Sitinjak, Angkola Barat yang dialeg Angkola  (Tapsel) berjudul "Jai Landuk dohot Jai Labi." sempat memukau yang hadir termasuk Mendikbud Ristek," katanya.

Adapun enam siswa yang tampil di FTBI Tingkat Nasional yakni, Mutia Tika Rahmadhani Kategori Cerpen (SDN No. 100603 Sidadi II), Diska Khairani Hasibuan Kategori Mendongeng (SDN No.100104 Sitinjak), Lulu Lanni Kategori Pidato (SMPN 1 Angkola Timur), Evan Lais, dan Haikal Padli Sahbana Kategori Puisi, Pantun, dan Syair (SDN No. 101504 Basilam Baru), Marasetia Kategori Tembang Tradisi (SMPN 1 Angkola Timur).

Tapsel menerima penghargaan itu bersama 15 wilayah lainnya di Indonesia. yakni, Provinsi Jateng, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB, Provinsi Bali, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Sula, Kabupaten Buru, Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Paser, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Sarmi, Kota Pare-pare, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Alor.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023