Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal menggelar tes wawancara bagi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kecamatan Panyabungan Timur, Kamis (19/1).

Dalam tes wawancara yang dilaksanakan di aula kantor Camat Kecamatan Panyabungan Timur itu diikuti oleh 116 orang dari 117 orang peserta yang ada di 15 desa/kelurahan di kecamatan itu.

Jumlah peserta calon anggota PPS untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 ini melebihi kuota dari jumlah peserta yang dibutuhkan yakni sebanyak 45 orang.

Ujian wawancara itu turut juga dimonitor oleh sejumlah komisioner KPU Mandailing Natal (Madina), sedangkan bertindak sebagai penguji pada ujian itu adalah anggota PPK Kecamatan.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Madina, Muhammad Husein Lubis kepada ANTARA menyebutkan, jika tes wawancara untuk calon PPS untuk Pemilu 2024 ini dilaksanakan di kecamatan masing-masing.

Dia menyebut, jika tes wawancara di Kecamatan Panyabungan Timur ini merupakan tes wawancara terakhir ditingkat kecamatan. 

"Ini merupakan tes wawancara terakhir ditingkat kecamatan. Selanjutnya adalah tahap penetapan PPS dan pelantikan," ujarnya.

Disebutkannya, ada beberapa materi yang ditanyakan kepada peserta dalam tes wawancara itu. Diantaranya adalah tentang kepemiluan, komitmen dan rekam jejak atau masukan dari masyarakat.

"Pengumuman hasil seleksi calon anggota PPS akan diumumkan tanggal 23 Januari. Sedangkan penetapannya dilaksanakan tanggal 23 Januari dan pelantikannya dilakukan pada tanggal 24 Januari 2023," jelas Husein.

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023