Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Medan kembali menggelar Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) pada 21 Februari sampai 3 Maret 2023 sebagai salah satu upaya memantau atlet potensial untuk selanjutnya dibina secara intensif.

Ketua KONI Medan Eddy Sibarani di Medan, Sabtu, mengatakan, Porwil Kota Medan VIII tahun ini tetap dibagi 3 wilayah dengan mempertandingkan total 24 cabang olahraga yang masing-masing wilayah mempertandingkan delapan cabang.

Acara pembukaan berlangsung di Kecamatan Medan Deli pada 21 Februari, dan penutupan di Medan Amplas 3 Maret

"Porwil telah memasuki tahun ke delapan, karenanya untuk pelaksanaan tahun ini sudah seharusnya lebih sukses. Kita sudah berpengalaman dan hanya butuh komitmen dan kerja keras supaya arena multievent kebanggaan Kota Medan ini berlangsung sukses," katanya.

Menurut Eddy Sibarani, dengan bergulirnya Porwil diharapkan kegiatan olahraga dari semua cabang olahraga di kota ini tetap bergeliat dan selalu melahirkan bibit-bibit atlet potensial.

"Memang Kota Medan berhasil kembali menjadi juara umum dengan mendominasi Porprov Sumut pada November 2022 lalu. Tetapi keberhasilan tersebut tentu tidak membuat kita lengah dan terlena, Seperti moto Medan Kota Atlet, kita ingin tiada hari tanpa berolahraga. Para atlet yang telah berlatih dan berlatih, harus punya sarana bertanding serta meraih gelar juara," katanya.

Disebutkan, Porwil Kota Medan Tahun 2023 digelar untuk mencari atlet-atlet yang akan menjadi pelapis atlet utama yang saat ini sudah bergabung dalam Pelatda jangka panjang KONI Sumut persiapan PON 2024. Atlet-atlet Pelatda tersebut adalah para juara hasil seleksi Selekda, Kejurda dan Porprovsu 2020.

"Kita menjaring atlet kategori Medan Bangkit dari Porwil ini untuk dipersiapkan sebagai pelapis atlet Medan Juara yang sudah bergabung di Pelatda KONI Sumut. Para atlet hendaknya memanfaatkan peluang ini, karena kita membuka kesempatan sebesar-besarnya untuk bertanding," katanya.

Kepada Ketua Pengcab/Pengkot, Eddy Sibarani menekankan bahwa tahun ini KONI Medan tetap menggelar ajang multievent Porkot, Piala Wali Kota, dan kejuaraan lain.

"Semua kegiatan dan program yang digelar adalah untuk pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga. Karenanya, KONI Medan menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada Pemko Medan yang terus men-support kegiatan KONI Medan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023