Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Labuhanbatu Utara melakukan studi banding ke DMI Binjai, Sabtu. Tujuannya adalah untuk saling sharing informasi dalam rangka mengembangkan dan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat.

Rombongan DMI Labura dipimpin Wakil Ketua H Harun Nasution dan Sekretaris Suratin SPdI disambut Ketua DMI Binjai Dr Darma Malem Sembiring SpTHT KL dan jajaran pengurus di Masjid Agung Binjai.

Usai melakukan sholat Subuh berjamaah, masing-masing pihak saling mengenalkan rombongan. Selanjutnya Ketua DMI Binjai memaparkan berbagai program yang sudah, sedang dan akan dilakukan.

Sembiring mengakui, dari total pengurus yang dilantik pada waktu lalu, yang tetap aktif hanya berkisar 25 persen. Namun hal itu tidak menjadikan lemah semangat dalam memajukan mengembangkan masjid di kota tersebut.

Turut memberikan sambutan Ketua Dewan Mustasyar DMI Binjai Drs Zaharuddin Batubara yang pada inti sebutannya mengajak agar segenap jajaran DMI di berbagai tingkatan dapat kreatif dalam membuat program.

Di saat masyarakat yang cenderung bersikap sekular, menurutnya, pengurus DMI perluembuat inovasi, khususnya terkait bidang ekonomi. Masjid diharapkan bisa menjadi pusat untuk sharing informasi berkaitan dengan perekonomian umat.

"Jangan masjid hanya untuk tempat ibadah dan pengumuman ada orang meninggal. Sekali-kali perlu juga pengelola masjid membuat pengumuman mengajak umat makan bersama di masjid," jelasnya memberi contoh.

Acara yang berlangsung sederhana dan penuh kekeluargaan tersebut diselingi dengan saling berbagi cinderamata. Sebelum meninggalkan lokasi. 

Sebelum meninggalkan lokasi, rombongan DMI Labura beranjangsana dan berbincang dengan pengurus DMI Binjai di kantor organisasi tersebut. 
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022