Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan (Tapsel) Launching Aplikasi SIPONTEN (Sistem Informasi Pemberkasan Tunjangan Guru dan Tenaga Kependidikan) dengan alamat website http://siponten.pendidikan.tapselkab.go.id

Kepala Dinas Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu,di Sipirok, Rabu (9/11) mengatakan proyek perubahan Aplikasi SIPONTEN itu untuk memudahkan pelayanan terhadap tenaga didik di kabupaten itu.

"Dengan adanya aplikasi para guru misal mengurus berkas tunjangan dan tidak perlu lagi membawa berkas cukup menyampaikan melalui SIPONTEN, atau lebih efisien dan dinilai lebih aman dari sistem manual," harapnya.

Dia mengatakan jumlah yang menerima tunjangan guru berstatus PNS di Tapsel sedikitnya sebanyak 2.027 orang, tambah sebanyak 157 orang guru non PNS. Sehingga bila proses administrasi secara manual cukup butuh waktu lama.

"Atas kondisi itu serta mengingat era digitalisasi saat ini yang menjadi dasar pemikiran saya dalam membangun proyek perubahan Aplikasi SIPONTEN di Tapsel," kata Arman yang saat ini ikutserta pada Diklat PIM Tingkat II.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu yang hadir sekaligus membuka acara Launching Aplikasi SIPONTAN memberikan apresiasi sekaligus menaruh harapan aplikasi tersebut memberikan kontribusi positif bagi tenaga didik Tapsel.

"Betul-betul sistem ini bermanfaat, karena aplikasi ini dapat memotong rentang kendali biaya dan jarak tempuh bagi tenaga didik yang bertempat tinggal jauh di daerah kecamatan yang berurusan ke kabupaten," kata Bupati.

"Ini lah era digital dimana daerah yang ada di pedalaman bisa bersaing dengan daerah maju (Era Digital Society). Dimana kegiatan ini akan diarahkan oleh pemateri untuk menghadirkan aplikasi ini."kata Dolly  ketika Launching di Aula Dinas Pendidikan Tapsel, yang dihadiri Pj. Sekda Tapsel M.Frananda, Asisten Administrasi Umum, Pimpinan OPD, Kepala Bagian, Kepala Sekolah SD dan SMP, serta Operator SD dan SMP di Tapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022