Pj Bupati Tapteng Yetty Sembiring menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan 60 anggota Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Tengah di Ballroom Pia Hotel Pandan, Jumat (28/10).

"Selamat bertugas kepada 60 anggota Panwaslu yang baru saja dilantik, laksanakan tugas secara  profesional sesuai dengan sumpah dan janji jabatan saudara. Sehingga Pemilu dan Pilkada 2024 yang akan datang di  Tapanuli Tengah dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar," katanya.

Ia mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, untuk menjamin tercapainya cita-cita dan tujuan nasional dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil, Bawaslu dan Panwaslu kecamatan harus mengawasi penyelenggaraan Pemilu di wilayah masing-masing dengan baik. 

"Sebagaimana kita ketahui bahwa pada 14 Februari 2024 yang akan datang akan dilaksanakan Pemilu Serentak memilih anggota DPR, DPD, DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden. Di tahun yang sama juga, tepatnya di bulan November akan dilaksanakan Pilkada serentak di seluruh Indonesia," katanya.

Menurut dia, suhu politik akan menghangat jelang kontestasi politik 2024. Selaku aparat pemerintah ia mengajak semua pihak saling memberikan contoh dan edukasi yang baik kepada masyarakat. 

"Jangan membuat isu-isu politik yang tidak baik, terutama isu-isu politik identitas yang mengedepankan SARAa. Mari lakukan kewajiban sesuai dengan tupoksi masing-masing. Semoga Pemilu 2024 yang akan datang berjalan sukses," katanya.

Selain itu, sambungnya, pihak kepolisian sebagai satuan pengaman Pemilu dan pemerintah daerah harus memberikan dukungan serta pendidikan politik terhadap masyarakat. 

"Kita harus saling bahu membahu, gotong royong, bersinergi dan konsisten untuk mengawal dan mengawasi proses tahapan Pemilu 2024 yang demokratis, bebas, rahasia, jujur dan adil," pungkasnya.

Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak, di kesempatan tersebut juga mengatakan, kepada seluruh Anggota Panwaslu Kecamatan yang diambil sumpah/janji jabatan, agar bekerja dengan baik. 

"Saya percaya bahwa saudara saudari akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya.

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022