Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat guna menyambut dan merayakan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2022 yang kali ini mengangkat tema "Bangkit Bersama'.

Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Hidayat  Widiyanto, MPd di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan selama Oktober 2022, baik untuk internal di kalangan pegawai maupun yang dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Pada 4-6 Oktober 2022 Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara bersama Duta Bahasa melaksanakan pelestarian bahasa daerah di Simalungun yang bertujuan mengajak anak-anak mengenal kembali aksara dan bahasa daerah mereka melalui berbagai permainan. 

Pada kesempatan ini Balai Bahasa Sumatera Utara mengajak anak-anak SD Negeri 091316 Pematang Raya dan Taman Baca Masyarakat Pelita Bangsa untuk bermain bersama dan mengenal aksara dan bahasa Simalungun melalui Kabanah. Permainan Kabanah diinisiasi untuk meningkatkan minat anak-anak dalam mengenal aksara dan bahasa daerah. 

Melalui permainan kartu anak-anak merasakan kegembiraan dan dalam kesempatan yang sama mereka sebenarnya sedang belajar bahasa Simalungun. Kegiatan ini makin riang gembira karena dikemas oleh anak-anak muda Duta Bahasa yang selain karena parasnya yang menawan juga kemahiran bahasanya yang mumpuni.

Selama bulan Oktober ini pula Balai Bahasa Sumatera Utara mengajak komunitas literasi untuk bersilaturahmi, memperkuat barisan, dan berunjuk kerja melalui aplikasi Kedan Literasi. 

Kedan Literasi merupakan aplikasi yang dapat digunakan masyarakat dan komunitas literasi untuk saling menyapa, berkomunikasi, pamer karya, dan penguatan lembaga secara bersama-sama. Kedan literasi adalah rumah bersama. 

Untuk itu, Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara mengajak kepada para pengurus komunitas untuk mengikuti Lomba Foto Literasi. 

Pada Oktober ini komunitas literasi diberikan kesempatan khusus untuk unjuk kerja melalui foto literasi dan pada 24 Oktober 2022 diumumkan foto literasi terbaik yang tentunya foto tersebut memenuhi kaidah secara artistik dan "berbunyi" dalam konteks literasi.

Untuk urusan diskusi kebahasaan dan kesastraan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam Bincang BIPA dan Bincang Kreatif Penulisan Sayembara Cerita Anak. Kedua diskusi tersebut dilaksanakan pada 24 dan 27 Oktober 2022 melalui media daring.

Diskusi ini dilaksanakan secara daring dengan harapan bisa diikuti oleh banyak peserta dari mana saja. Bincang BIPA mengangkat tema “Penguatan Pengelolaan Mahasiswa Asing di Perguruan Tinggi melalui Pengajaran BIPA” dan Bincang Kreatif penulisan sayembara cerita anak mengangkat tema “Proses Kreatif Cerita Anak Dwibahasa”. 

Kedua topik tersebut masih sangat relevan, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Berbagai kegiatan penguatan kebahasaan dan kesastraan dilakukan pula kepada masyarakat dalam konteks kegiatan yang bersifat kompetisi. 

Sebelum Oktober tiba, telah dilaksanakan Lomba Musikalisasi Puisi Se-Sumatera Utara. Lomba ini menghasilkan dua sekolah yang mewakili Sumatera Utara ke jenjang nasional. Kedua sekolah tersebut adalah SMAN 2 Binjai dan SMA Santa Maria Kebonjahe. 

Untuk itu, pendampingan dan penguatan juga dilakukan kepada kedua sekolah tersebut. Pengumuman festival tingkat nasional dapat disaksikan pada 28 Oktober 2022. 

Dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra 2022, Balai Bahasa Sumatera Utara juga mengirimkan sepasang duta bahasa untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional. 

Pendampingan dimulai dari proses pemilihan tingkat provinsi, penguatan dan verifikasi bahan krida ke berbagai pemangku kepentingan, pelaksanaan krida, dan pengikutsertaan di Jakarta sampai pada 28 Oktober 2022.

Dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra juga diluncurkan video menjalin Indonesia dari Sumatera Utara pada 9 Oktober 2022 melalui media sosial Youtube. 

Isi video tersebut berupa tayangan penguatan revitalisasi bahasa daerah dan ajakan kepada para pemuda untuk tetap melestarikan bahasa daerah. 

Untuk urusan pemertahanan bahasa daerah Balai Bahasa Sumatera Utara juga meneruskan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah Batak dialek Angkola pada 11—14 Oktober 2022. 

Dalam rangkaian kegiatan ini juga Tim BBSU menghadiri Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat kab/kota di Kota Padangsidimpuan dan beberapa kabupaten di sekitarnya. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses revitalisasi bahasa daerah di Sumatera Utara yang dilakukan terhadap tiga bahasa di lima kabupaten/kota.

Selama bulan Oktober ini Balai Bahasa Sumatera Utara juga mengejar target pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di Kabupaten Toba. Sosialisasi dan pelaksanaan yang telah melebihi peserta 10.000 tetap digencarkan selalu. 

Pada bulan Oktober ini Tim UKBI menyasar siswa di Kabupaten Toba. Selain untuk mengukur kompetensi para siswa tersebut, diharapkan siswa juga memiliki pengalaman dalam mengikuti tes UKBI untuk mengubah sikap mereka menjadi lebih positif terhadap bahasa Indonesia. 

Sebagai upaya penguatan Kamus Besar Bahasa Indonesia pekamus dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara juga melaksanakan Sidang Komisi Bahasa Daerah dalam rangka pengayaan kosakata pada KBBI. Diharapkan 400 lema bahasa daerah dapat menyokong perbendaharaan bahasa Indonesia ke depan.

Berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Bahasa 2022 telah digelar. Semangat bangkit bersama senantiasa tidak hanya berhenti pada bulan Oktober saja. 

Namun, semangat ini perlu tetap dijaga dan dikobarkan pada bulan-bulan di luar bulan bahasa juga termasuk kita senantiasa tetap memohon dukungan untuk pengajuan Sanusi Pane menjadi Pahlawan Nasional yang telah berada pada tahap akhir. 

Harapannya pada Hari Pahlawan 10 November 2022 ikhtiar tersebut dapat tercapai untuk menambah daftar pahlawan nasional dari Sumatera Utara.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022