Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, turnamen domino gaple yang digelar sebagai rangkaian HUT ke-77 Taput harus dijadikan sebagai ajang menjalin silaturahmi dan mempererat keakraban di antara peserta demi kebersamaan untuk mewujudkan kemajuan Tapanuli Utara.

"Sebelumnya, saya tanyakan kepada panitia seperti apa permainan ketangkasan ini. Jangan jangan ini dipelesetkan jadi judi, panitia menjelaskan bahwa permainan domino ini hanya permainan ketangkasan saja, maka saya izinkan untuk digelar untuk para pemain saling menjalin kebersamaan, keakraban dan silaturahmi," ujar Bupati Nikson, Jumat (21/10).

Bupati juga mengimbau agar permainan gaple dimaksud, jangan dijadikan ajang perjudian sebelum disahkan oleh undang undang.

Waroenk Hitam Putih menggelar pertandingan olahraga ketangkasan domino atau sering disebut gaple memperebutkan trophy Bupati.

Turnamen gaple dibuka secara langsung oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Anggota DRPD Taput Ombun Simanjuntak, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Marco Panggabean, Kadis Perhubungan Eliston Lumbantobing, Kabag Prokopim David Nainggolan, Ketua KONI Taput Robinhot Sianturi, Ketua panitia  Baharaja Simanjuntak, di Waroenk Hitam Putih, jalan Guru Mangaloksa nomor 6, Tarutung, Taput, Jumat (21/10).

"Jadikan hal ini sebagai wadah silahturahmi antar lapo, jangan ada lagi yang salah persepsi," sebutnya.

Pesannya, selama 8 tahun memimpin Tapanuli Utara, semua janji politik yang sudah dilaksanakan, baik itu terkait pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan olahraga yang tentunya tidak sesempurna yang diharapkan.

"Namun hal itu harus dilihat dan dinilai secara obyektif, seperti sungai Sigeaon yang merupakan wewenang dari provinsi, dengan keberadaan tanggulnya yang menjadi kewenangan kementerian. Demikian halnya, persoalan hutan bukan lagi kewenangan kabupaten. Makanya, mari kita bersama-sama harus menjaga dan membangun Tapanuli Utara tercinta," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua KONI Taput Robinhot Sianturi menjelaskan bahwa olahraga ketangkasan domino telah dimaklumatkan sebagai bagian dari olahraga domino bukan lagi sekadar permainan hiburan semata.

"Saat ini olahraga domino punya wadah resmi, bernaung di bawah Persatuan Olahraga Domino Indonesia (PORDI) dengan komposisi kepengurusan yang sudah terbentuk dari pusat hingga ke daerah. Dan keberadaannya di Taput akan segera diproses kepengurusannya," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Turnamen Domino Gaple Baharaja Simanjuntak mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana setelah mengantongi ijin keramaian dari Polres Taput, dinas terkait, juga pemerintahan desa.

"Semoga pertandingan ketangkasan domino menjadi salah satu cabor di KONI Taput. Sisi hiburan di tengah masyarakat yang dikombinasikan dengan minat dan hobi masyarakat mampu diakomodir dalam sportivitas olah raga dan manfaat positif kebersamaan," ucapnya.

Dikatakan, sistem permainan yang diterapkan panitia yakni, satu tim yang terdiri dari dua orang atau tandem akan berkompetisi dalam sistem gugur untuk memperebutkan 10 poin di perebutan dua set. 

Kegiatan pertandingan digelar terbuka untuk umum dan dilaksanakan sejak Jumat, 21 hingga 23 Oktober 2022.

Tercatat, sebanyak 64 tim yang dibagi dalam empat grup akan mengikuti turnamen "championship domino gaple" untuk memperebutkan trofi Bupati Tapanuli Utara, serta sejumlah besaran dana pembinaan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022