Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kota Tanjung Balai Periode 2022-2027 dilantik, Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib berpesan agar HNSI perjuangkan kesejahteraan nelayan.

Pengurus DPC HNSI Tanjung Balai yang dilantik yakni, Ketua H Safrizal (H Budi), Sekretaris Paet Munthe, Bendahara Sartika beserta 67 unsur kepengurusan lainnya, bertempat di Alun-Alun Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota setempat, Rabu (19/10/2022) malam.

Wali Kota Tanjung Balai H Waris Tholib dalam sambutannya berpesan agar pengurus HNSI yang baru, bisa menyuarakan aspirasi para nelayan di di daerah itu.

"Semoga pengurus dapat melaksanakan program kerja sesuai dengan apa yang menjadi harapan Pemerintah Kota dan masyarakat nelayan, khususnya meningkatkan kesejahteraan para nelayan," pesan Waris.

Ketua terpilih H.Safrizal akrab disapa Haji Budi mengatakan, saat ini banyak persoalan yang dihadapi nelayan, seperti regulasi terkait Wilayah Pengelolaan Perikanan, sulitnya mendapatkan BBM dan minimnya tingkat kesejahteraan.

Untuk itu, kedepan HNSI Kota Tanjung Balai akan memperjuangkan harkat dan martabat nelayandemi terwujudnya, nelayan yang berpendidikan, sehat dan berkualitas. 

"HNSI sebagai wadah tempat berhimpunnya nelayan akan menampung dan menjembatani aspirasi serta memperjuangkan hak-hak nelayan Kota Tanjung Balai, untuk kami dituntut untuk dapat bekerja dan sama bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat nelayan," kata Haji Budi. 

Sementara itu Ketua Ketua DPD HNSI Provinsi Sumatera Utara Zulfahri Siagian menyatakan, berbagai regulasi yang diterapkan pemerintah terhadap alat dan zona wilayah tangkap serta pengelolaan perikanan dinilai menyulitkan nelayan.

"HNSI akan terus berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan kaum nelayan. Diharapkan DPC HNSI Kota Tanjung Balai bersama stakeholder bekerja sama dalam mengupayakan nelayan Kota Tanjung Balai kearah yang lebih baik," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota H. Waris Tholib dan Tokoh Masyarakat H.M Kosasih dinobatkan sebagai Bapak Nelayan Kota Tanjung Balai.

Pelantikan dirangkai dengan penyerahan secara simbolis Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan serta bantuan sembako kepada keluarga nelayan.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022