Badan Pusat Setatistik (BPS) menggelar kegiatan media gathering sosialisasi  pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) Kota Sibolga Tahun 2022, di Hotel Prima, Kota Sibolga, Kamis (13/10)

Kepala Badan Pusat Setatistik Kota Sibolga (BPS) Sabar Alberto Harianja, pada kesempatan tersebut mengatakan, tujuan dari pendataan awal regosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk Indonesia yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya  hingga tingkat desa dan kelurahan.

"Dengan adanya sosialisasi  ini tentu akan dapat mempermudah kita untuk melakukan pendataan ketika turun kelapangan," Kata Sabar

Masih Katanya,Regsosek mencakup informasi kondisi sosial ekonomi yang meliputi kondisi sosioe ekonomi demografis, yang terdiri dari kondisi perumahan, sanitasi air bersih, kepemilikan asest, kerentanan kelompok penduduk.

Sementara itu, untuk informasi geospasial mencakup infomasi tingkat kesejahteraan, sosial dan ekonomi.

"Pendataan awal regosek dilaksanakan di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia  termaksud Kota Sibolga. Pendataan awal akan dimulai 15 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022. Dengan jumlah petugas sebanyak 104 orang," Ucapnya

Lanjutnya, petugas pendataan  merupakan hasil rekrutmen yang dimulai  pada tanggal 12 - 27 September 2022, selama dua hari efektif dalam tingga gelombang. 

"Gelombang terakhir dimulai pada tanggal 4-11 Oktober 2022. Untuk itu, mari kita sama-sama menyukseskan pendataan Regsosek. Terimalah petugas yang akan mendatangi rumah anda dan berikan jawaban yang sejujurnya," katanya. 
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022