Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasarihu mengajak masyarakat kabupaten itu agar menghiasi halaman rumahnya masing-masing dengan tanaman yang bermanfaat.

"Seperti menanam tanaman jenis hortikultura dan tanaman obat keluarga (Toga)," kata Bupati dalam keterangan yang di terima, Selasa (13/9). Hal itu, kata dia penting dalam pemulihan ekonomi dan menahan inflasi.

Dikatakan, menanam cabai, bawang, tomat, serta sayuran lainnya pada lahan kosong halaman rumah sangat dapat membantu kebutuhan rumah tangga, termasuk tanaman obat seperti kunyit, jahe, lengkuas (rempah dapur-red) dan lainnya.

"Dengan tersedianya bahan-bahan kebutuhan dapur untuk memasak di halaman rumah otomatis dapat mengurangi menekan pengeluaran belanja sehari-hari, termasuk kebutuhan tanaman obat (herbal)," katanya.

Dalam setiap kesempatan baik dalam pertemuan dengan masyarakat, dengan kelompok Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) sering tekankan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong rumah menjadi produktif.

"Kita sudah bertemu dengan Pak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Melalui staf Kementerian Pertanian terus memantau perkembangan potensi sektor pertanian Tapsel," ujarnya.

Menteri Pertanian SYL menginginkan pertanian Tapsel dapat lebih maju, sebagaimana suburnya pertanian di Jawa Tengah tepatnya di Temanggung dan Wonosobo yang sempat dikunjungi beberapa waktu yang lalu, kata Bupati.

"Tidak saja terdapat pada halaman rumah, sepanjang mata memandang di kaki lereng hingga puncak bukit di daerah Temanggung dan Wonosobo terlihat di tanami hortikultura dan sayuran. Seolah sejengkal lahan pun di sini tidak dibiarkan 'tidur'," katanya.

"Karenanya saya terus menekankan pihak Dinas Pertanian Tapsel untuk lebih pro aktif, serta memantau perkembangan dan kondisi pertanian daerah ini, mengingat lebih 70 persen masyarakatnya hidup dari pertanian," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022