Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik mengapresiasi pelaksanaan ujian kompetensi wartawan yang dilaksanakan oleh PWI Madina dan perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) di kabupaten itu.

Apresiasi itu disampaikan Farianda pada acara pembukaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 43 yang dilaksanakan di ballroom D'San hotel Kelurahan Dalan Lidang, Panyabungan, Sabtu (3/9).

"Antusias peserta luar biasa. Saya mengapresiasi kerjasama PWI dengan SMGP ini," ujarnya.

Farianda menyampaikan, program UKW ini merupakan program nasional PWI. Tujuannya bukan semata untuk sertifikasi, namun ini bentuk tanggungjawab organisasi dalam meningkatkan SDM wartawan.

Dia mengatakan, UKW ini bukan hanya keuntungan bagi si wartawan saja, tetapi juga menguntungkan bagi Pemerintah dan perusahaan setempat.

"Kalau sudah dinyatakan lulus kemampuannya sudah tidak diragukan lagi membuat berita sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku," ujarnya.

Ia menyebut ada beberapa hal yang diuji dalam ujian kompetensi tersebut, diantarnya adalah kode etik jurnalis, undang-undang Pers dan pedoman pemberitaan ramah anak.

Untuk itu, dia meyakinan kepada publik bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus itu telah memiliki kemampuan menulis yang baik dan beretika.
Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis. (ANTARA/Holik)
Sementara itu, Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis menyampaikan, sangat menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan SMGP itu.

Kata dia, semestinya semua perusahaan yang ada di kabupaten itu juga dapat memberikan sentuhan serupa kepada wartawan.

" Di Madina saat ini ada 16 perusahaan perkebunan besar, tambang ada dua, semestinya perusaahan lainnya yang jauh kapasitasnya dapat melakukan seperti ini," ungkap Erwin.

Erwin menilai, SMGP belakangan ini sangat responsif dengan situasi-situasi yang terjadi di Kabupaten itu khususnya yang berhubungan dengan masyarakat.

"Dikemimpinan pak Ali Said dan bu Yani saat ini perusahaan saya lihat sangat resfonsif apalagi itu yang berhubungan dengan masyarakat," sebutnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022