Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanjungbalai menggelar workshop penguatan kapasitas kepada insan media/pers untuk mendukung terwujudnya Kota Tanggap Ancaman Narkoba atau Kotan dan Tanjungbalai Bersinar, Kamis (4/8).

Workshop yang berlangsung di aula Raja Bahagia Resto Tanjungbalai itu diisi pemateri mewakili Plt Kepala BNKK Hamzah, Plt Ketua PWI M.Saufi Satria Simangunsong, Asisten Ekbangsos Pemkot Tanjungbalai H.Zainul Arifin, serta puluhan wartawan dari berbagai media.

Mewakili Kepala BNKK Tanjungbalai, Kasi Pencegahan dan Penindakan Hamzah, memaparkan hasil survei prevalensi penyalahgunaan narkoba oleh BNN dan LIPI tahun 2019 di 34 Provinsi, bahwa angka prevalensi penyalahgunaan Narkoba di Indonesia mencapai 1,8% atau sekitar 3,4 juta orang dengan rentang usia 15-64 tahun.

Oleh karena itu, Kepala BNN secara terbuka menyatakan arah dan kebijakan BNN, yaitu War On Drugs (perang melawan narkoba) untuk mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

Sedangkan untuk Indeks Kotan pada pada tahun 2021, untuk skala 1-4 Tanjungbalai berada pada angka 3.196, dan pada angka 1-100 berada pada angka 79,90 dengan kategori Tanggap.

"Untuk memacu peningkatan indeks Kotan serta mewujudkan Tanjungbalai Bersinar, BNNK memerlukan dukungan semua elemen masyarakat, salah satunya peran insan media yakni wartawan," kata Hamzah.

Sementara itu, Asisten Ekbangsos H.Zainul Arifin mengimbau para insan pers agar terus bersinergi dengan BNNK baik terhadap pengkitan angka KOTAN dan demi terwujudnya Tanjungbalai Bersinar.

Menurut Zainul, terkait keseriusan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Pemkot Tanjungbalai telah mengusulkan Ranperda Pemberantasan Narkoba kepada DPRD Tanjungbalai.

Terhadap peran media, BNNK maupun Pemkot berharap kepada wartawan turut mendukung mewujudkan Kotan dan Tanjungbalai Bersinar dapat menyajikan berbagai informasi dalam P4GN.

"Media sebagai sarana informasi dan pendidikan hendaknya dapat menulis artikel. Misalnya bahaya dan dampak degatif mengungsi narkoba. Kawan-kawan wartawan juga kami harapkan perannya untuk mendukung   agar Perda tersebut segera disahkan DPRD," kata Zainul.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan diskusi antarsesama wartawan yang digawangi Plt Ketua PWI Tanjungbalai M.Saufi Satria Simangunsong. Diskusi berlangsung hangat dan melahirkan kesepahaman bahwa insan pers sepakat mendukung BNNK mewujudkan Kotan, serta pengesahan Perda sebagai regulasi mewujudkan Tanjungbalai Bersinar.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022