Taman Wisata Iman Sitinjo yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, sudah dilengkapi dengan toilet premiun yang ramah difabel, nyaman dan strategis.

Serah terima toilet premium yang merupakan bagian dari toilet kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu di Sidikalang, Kamis, mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementrian PUPR dan jajaran terkait yang telah membangun toilet premium di salah satu objek wisata di Dairi.

Baca juga: Pemkab Dairi lakukan penanaman perdana KUR Klaster Kopi

Kehadiran toilet premium ini sangat dibutuhkan mengingat Kabupaten Dairi masuk dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Ia berharap para turis dari dalam negeri maupun luar negeri nantinya bisa mendapatkan pelayanan yang premium juga.

"Kami melihat keadaan toiletnya, memang premium, suasana yang membuat nyaman serta bersih. Ini luar biasa, kita akan kelola dengan sebaik baiknya," kata Bupati yang pernah menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Kota Bandung.

Di lokasi toilet premium ini, lanjut dia, akan ada fasilitas ATM serta galeri untuk tempat souvenir bagi para pengunjung yang ingin membeli cenderamata.

Khusus kepada masyarakat Sitinjo yang mendapatkan fasilitas ini, Bupati mengajak untuk menyambut dengan baik, menjaga serta memelihara dan memanfaatkan dengan sebaik baiknya.

"Kalau fasilitas ini kita gunakan dengan baik, maka akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Dairi sehingga ekonomi akan bangkit, masyarakat juga akan sejahtera sesuai dengan misi kita Dairi Unggul menyejahterakan masyarakat," katanya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier mengatakan, toilet itu adalah toilet premium pertama yang dibangun di Sumatera Utara, sesuai dengan arahan dari Kementrian yang harus membangun toilet premium di kawasan wisata salah satunya di Taman Wisata Iman Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

"Ini dibangun memang untuk kebutuhan walaupun sudah ada toilet di sini, namun toilet dimaksud belum mampu mendukung untuk kawasan wisata di lokasi ini," ucapnya.

Melalui dukungan dari Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dengan penyediaan lahan serta lokasi wisata yang sangat strategis, ia berharap toilet premium segera dimanfaatkan dan ditetapkan pengelolanya.

"Toilet ini semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi wisata. Hadirnya toilet premium diharapkan juga bisa memberikan nilai jual ataupun nilai ekonomi yang lebih baik di kawasan wisata ini. Selain itu toilet ini ramah difabel," katanya.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022