Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyambut baik dukungan Pemerintah Amerika Serikat (AS) meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan kuat (Erat) di daerah ini.

"Melalui program USAID (United States Agency for International Development) Erat diharapkan semakin meningkatkan efektivitas Pemkot Medan dalam melaksanakan kebijakan dan pelayanan masyarakat," ujar Bobby di Medan, Kamis.

Hal ini disampaikannya usai menerima Konsul AS di Medan, Gordon S Church serta Direktur Ketangguhan Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan USAID Indonesia Walter Doetsch di Balai Kota Medan.

Organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan, lanjut dia, biasa meningkatkan dua aspek yang perlu dikuatkan dan dilakukan secara beriringan demi terwujudnya pemerintahan Erat. 

Wali kota menegaskan kedua aspek tersebut, yakni membangun dan menguatkan sumber daya manusia (SDM) serta pemanfaatan teknologi.

"Yang perlu kita bangun bersama adalah dari sisi SDM-nya. Kemudian mewujudkan tata kelola pemerintahan yang Erat, tentu tidak bisa kita lepaskan dari teknologi," terangnya.

"Kita berharap Kota Medan benar-benar dapat diimplementasikan menjadi smart city (kota pintar)," kata Bobby.

Wali kota juga menuturkan, bahwa instrumen dari pembangunan SDM dan fisiknya di Kota Medan hingga kini sudah sangat memadai. 

"Kita juga terus dorong peningkatan instrumen yang ada, sehingga upaya yang dilakukan bisa memberikan hasil bermanfaat bagi Kota Medan, khususnya masyarakat," ungkap Bobby.
 
Konsul Amerika Serikat di Medan, Gordon S Church, mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Medan atas sambutan hangat yang diberikan.

"Semoga program USAID Erat yang akan dijalankan ini berjalan lancar, dan memberikan hasil yang baik," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022