Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Pemkot Tanjungbalai menggelar pelatihan Peningkatan Perlindungan dan Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia (P2K CPMI) TA 2022, bertempat di Raja Bahagia Resto daerah setempat dan  dibuka oleh Plt Wali Kota, H. Waris Tholib, Senin (13/6).

Plt Wali Kota Waris berharap pelatihan P2K dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalisme CPMI asal Tanjungbalai jika suatu saat bekerja di negara penempatan.
 
"Kegiatan ini merupakan langkah nyata kita terhadap calon pekerja migran supaya memiliki kualifikasi, kompetensi dan keahlian agar berdaya saing, serta diharapkan mendapat pengakuan baik dari negara dimana PMI ditempatkan," kata Waris. 

Ia melanjutkan, PMI asal Kota Tanuungbalai tidak boleh kalah dengan Kabupaten/Kota lain yang juga menempatkan pekerjanya di negara penempatan. Tantangan global harus kita rebut dan Tanjungbalai berupaya menjadi yang lebih baik dan semoga terdepan nantinya.

Waris juga menyatakan Pemkot Tanjungbalai senantiasa mendukung program mewujudkan SDM kompeten dan unggul, tidak terkecuali bagi para pahlawan devisa. Demikian juga Penkot optimism bahwa para peserta pelatihan nanti tidak akan lagi terseret pada mafia penempatan PMI ilegal atau terindikasi secara non prosedural.

"Setelah memperoleh pelatihan keterampilan dan mampu bekerja dengan baik, PMI  nanti sudah bekerja dengan aman dan membanggakan Indonesia, khususnya Kota Tanjungbalai," ujar Waris Tholib.

Sebelumnya, Plt Kadisnaker Tanjungbalai, Mhd Irvan Zuhri menjelaskan bahwa P2KCPMI diikuti sebanyak 50 orang peserta dengan rincian 29 laki laki dan 21 perempuan. 

"Peserta akan mengikuti pelatihan selama 16 hari, mulai 13 hingga 29 Juni 2022. Para peserta berasal dari pemuda dan pemudai utusan 31 Kelurahan se Kota Tanjungbalai," katanya.

Sesuai catatan, pelatihan menghadirkan narasumber dari BP2MI yakni Ketua UPT Medan, Siti Rolijah, Polres Tanjungbalai, Iptu K Sitepu, Ketua LPK, Sora Ryan Zahroni Nasution, dan Instruktur Bahasa Inggris, Vijay Kumar.

Hadir pada acara pembukaan antara lain, Kabid Binapenta dan PKK sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Harizal Pasa dan Direktur PT. Adila Medan, Purnama Panjaitan.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022