Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Sumatera Utara, memberikan pelatihan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu guna mendukung program unggulan kabupaten di bidang UMKM.

Kepala Dinas Koperasi Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan (Kopnakerperindag) Kabupaten Samosir, Rista Sitanggang, di Pangururan, Selasa, mengatakan, tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produk-produk souvenir di kabupaten itu. 

"Juga menumbuhkan ide, minat, dan motivasi bisnis bagi para pelaku UMKM agar mereka mampu melihat peluang bisnis dan pangsa pasar, serta meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM terkait pentingnya legalitas atau perizinan berusaha," katanya.

Pelatihan tersebut diikuti 28 peserta UMKM dan dilaksanakan selama 4 hari (7-12 Juni 2022), dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

"Dalam rangka mendukung program prioritas Kabupaten Samosir yakni peningkatan produk UMKM, perlu diadakan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kualitas dan inovasi para pelaku UMKM sehingga mampu menciptakan diversifikasi produk yang sesuai dengan budaya lokal dan sentuhan etnik Batak," katanya.

Baca juga: Pemkab batasi lalu lintas ternak dari luar Samosir Sumut

Sementara Bupati Samosir Vandiko T Gultom mengatakan untuk mendukung Samosir sebagai daerah tujuan wisata bertaraf internasional perlu adanya kreativitas dan inovasi dalam menjalankan bisnis souvenir agar tercipta diversifikasi produk yang memiliki keunikan tersendiri tanpa menghilangkan budaya lokal, sehingga para wisatawan memiliki banyak pilihan souvenir dengan sentuhan etnik Batak.

Melalui kegiatan pelatihan itu, ia berharap adanya peningkatan yang signifikan bagi para pelaku UMKM, khususnya pembuat souvenir, agar mampu menghasilkan maupun menciptakan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

"Semoga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk-produk UMKM. Jadilah pelaku UMKM yang berkarya dengan mengedepankan kecintaan terhadap Kabupaten Samosir dan mempertahankan serta meningkatkan citra masyarakat Samosir yang terkenal dengan keragaman kreasi budayanya," kata Vandiko.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022