Forkopimda Tanjungbalai yang dipimpin Plt Wali Kota, H Waris Tholib didampingi Pj Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait persiapan pembukaan Pelabuhan Teluk Nibung di Balai Kota setempat, Kamis (19/5).

Hadir dalam rakor tersebut anggota DPRD, Antoni Darwin Nasution, Ketua PN Yanti Suryani Siregar, mewakili Kapolres, mewakili Kajari, mewakili Dandim 0208/AS, GM Pelindo I Cab Tanjungbalai Asahan, M Azmi Jauhari, Bea Cukai, Syahbandar Tanjungbalai, Karantina serta pimpinan OPD di jajaran Pemkot Tanjungbalai

Pada kesempatan tersebut, Plt Wali Kota, Waris meminta saran dan masukan dari berbagai pihak, instansi dan stakeholder terkait sebagai bentuk langkah antisipasi dan persiapan pada saat dibukanya kembali pelabuhan Internasional Penumpang Teluk Nibung di Kota Tanjungbalai.

"Rapat koordinasi ini bertujuan mengumpulkan saran dan masukan agar menjadi keputusan bersama dalam membuat suatu kebijakan Pemerintah Tanjungbalai," ujar Waris.

Menurut dia, secara teknis pelaksanaan dibukanya kembali pelabuhan Teluk Nibung sebagai jalur pelayaran penumpang dari Tanjungbalai menuju Port Klang, Malaysia, pasacapandemi COVID-19 membutuhkan koordinasi dari instansi terkait.

"Melihat potensinya, saat ini pelabuhan Teluk Nibung menjadi ikon kebanggaan yang bisa mendatangkan PAD bagi Kota Tanjungbalai. Namun untuk pembukaan kembali jalur pelayaran, kita masih menunggu petunjuk teknis dan aturan dari pemerintah pusat," kata Waris.

Plt Wali Kota juga berharap semua unsur bisa mendukung agar pengembangan Pelabuhan Teluk Nibung bisa berjalan secara optimal, terutama untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tanjungbalai.

"Harapan kita bersama, rapat koordinasi ini menghasilkan cara pencegahan berbagai kemungkinan setelah aktifitas pelayaran kapal penumpang kembali aktif. Semoga kita menghasilkan pemantapan dan kesiapan," ujar Waris.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022