Untuk mendongkrak perekonomian masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib meresmikan gerai produk UMKM dan food court taman kuliner di Kelurahan Pantai Burung, Kamis (7/5/2022).

hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Pejabat PPK Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, Nurasiyah YS, Konsultan Manajemen Wilayah Program KOTAKU, Nurwino Wajib, Ketua II TP PKK Tanjungbalai, Darul Yana Siregar serta sejumlah kepala OPD.

Plt Wali Kota Tanjungbalai, H. Waris Thalib mengatakan, diresmikannya sarana gerai galeri produk UMKM dan food court itu selain bisa mendongkrak perekonomian masyarakat,  retribusinya juga menambah Pendapatan Asli Daerah dan bagian dari upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi pada pandemi COVID-19.

"Gerai ini aset Pemkot Tanjungbalai. Gerai harus hidup seperti di Kota-Kota maju yang menghidupkan sekaligus memperkenalkan produk khas daerah, untuk memajukan UMKM agar masyarakat bisa berusaha guna meningkatkan taraf ekonomi, terutama dimasa pemulihan COVID-19," ujar Waris.

Baca juga: Polres Tanjungbalai gerebek kampung narkoba

Plt Wali Kota juga berharap lokasi tersebut dapat bermanfaat dan terus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Jangan hari ini diresmikan besok tidak ada lagi yang jualan. Semoga gerai galeri produk dan food court ini menjadi cikal bakal Kota Tanjungbalai maju. Artinya, kedepan jika kita berkomitmen, bukan tidak mungkin pengunjung dari luar daerah bahkan luar negeri datang ke Tanjungbalai," kata Waris dalam sambutannya.

Usai memberi sambutan, Plt Wali Kota juga menandatangani prasasti gerai galeri produk UMKM dan food court taman kuliner di Kelurahan Pantai Burung tersebut.

Sesuai catatan, gerai itu merupakan bagian dari penataan kawasan Kelurahan Pantai Burung, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tahun 2020, terdiri dari 16 gerai yang menyajikan produk UMKM, makanan dan minuman serta kuliner khas Tanjungbalai.

Sebagian besar konsep food court menjual aneka kuliner, diantaranya serundeng kepah, sirup berombang, sate kerang, kue gelang dan manisan kelapa. Di galeri produk UMKM, tersedia kerajinan khas Tanjungbalai diantaranya kerajinan kulit kerang, batik kerang serta produk lainnya dari Dekranasda dan pengrajin PKK Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022