Dinas Koperasi dan UKM  Kota Medan menyatakan, hadirnya perusahaan pengiriman berbasis teknologi di program solusi bisnis kreatif diyakini mempercepat digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

"Ke depan kami berharap dapat berkolaborasi lebih luas dengan Ninja Xpress demi kemajuan UMKM di Kota Medan," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution di Medan, Jumat.

Melalui program Creative Business Solutions (solusi bisnis kreatif), menurut Benny, diharapkan mendukung pelaku UMKM terhubung ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam pemasaran produk.

Baca juga: Dukung regenerasi petani, Pemkot Medan beri kesempatan PKL mahasiswa Polbangtan

Data terakhir Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan menyebut, jumlah UMKM yang dibina Pemkot Medan sekitar 27.000 unit dari total 70.000 unit terdata.

"Semoga Creative Business Solutions di Kota Medan bisa membantu pelaku UMKM naik kelas, dan lebih siap menghadapi tantangan bisnis di era digital," kata Benny.

Sementara itu, CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan, fasilitas dari Creative Business Solutions diberikan secara gratis kepada pelaku UMKM baik di Kota Medan maupun Provinsi Sumatera Utara.

"Dukungan ini sejalan dengan semangat baru kami dalam mewujudkan 'Siap Bantu Sampai Tujuan' bagi pelaku UMKM," kata dia.

Chairul Saleh, pelaku UMKM yang telah bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress mengaku mendapat banyak manfaat setelah bergabung Creative Hub di Kota Medan.

"Untuk membuat promosi produk, saya sebelumnya mengambil konten berbagai sumber yang terkadang tidak sesuai," terang dia.

"Tapi kini penjualan saya meningkat dengan adanya konten promosi yang jauh lebih baik, dan sesuai dengan citra produk," kata pemilik Toko Sancu ini.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022