Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) memiliki peran dan poin strategis dalam penyampaian dokumen hasil penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan daftar permasalahan berupa saran dan pendapat.

Saran dan pendapat tersebut didasarkan pada hasil penyerapan aspirasi melalui reses, dengar pendapat dengan mitra kerja dan kunjungan kerja dewan serta telah disinkronkan dengan prioritas pembangunan.

Demikian antara lain dikatakan Ketua DPRD Labura H Indra SB Simatupang SH MKn saat memberikan sambutan pada pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 di aula Ahmad Dewi Syukur Aekkanopan, Rabu.

Disebutkannya, pelaksanaan Musrenbang tersebut merupakan musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas, menyepakati langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan RKPD Labura.

Hal itu mengacu pada UU Nomor 25 Tahun 2004, UU Nomor 23 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. "UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda secara eksplisit ditegaskan tentang unsur penyelenggara pemerintahan daerah meliputi pemerintah daerah dan DPRD," ujarnya.

Dalam Permendagri tersebut disebutkan, pokok-pokok pikiran anggota DPRD merupakan kajian permasalahan pembangunan daerah yang diperoleh dari DPRD berdasarkan risalah rapat dengar pendapat, reses yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan serta ketersediaan anggaran.

Karena itu ia berharap, Musrenbang tersebut dapat meminimalisir terjadinya perbedaan pandangan antara tuntutan, harapan, kepentingan rakyat dengan program yang telah direncanakan Pemda. 

Didamping itu, Musrenbang diharapkan dapat meminimalisir terjadinya ketidakpastian dan ketidakpuasan aspirasi yang tidak terpenuhi serta meminimalisir terjadinya inefisiensi anggaran. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Indra berharap Musrenbang tersebut menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang mampu menampung aspirasi masyarakat Labura.

"Semoga perencanaan pembangunan yang dihasilkan bersifat komprehensif baik dari sisi kepentingan nasional maupun kepentingan daerah dalam rangka mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara hebat yang kita cintai ini," katanya.

Musrenbang RKPD tersebut diselenggarakan Bappeda Labura yang dipimpin M Ikhwan Lubis ST MH. Hadir dalam acara itu Kabiro Otonomi Setdaprov mewakili gubsu sekaligus membuka kegiatan.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022