Masjid Jami' Al Hidayah berlokasi di Desa Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat,  Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) diresmikan pemakaiannya.

Masjid yang mampu menampung ratusan jemaah itu diketahui terbangun berkat inisiasi Kombes Pol H Rony Samtana SIK MTCP semasa beliau menjabat sebagai Kapolres Tapsel.

"Mudah-mudahan sesuai dengan nama masjid ini bagi umat Muslim yang beribadah tetap mendapat hidayah. Karenanya mari kita makmurkan," kata Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu SPt MM dalam keterangannya diterima Minggu (6/3).

"Kepada Pak Rony Samtana Allah beri balasan setimpal dengan ganjaran pahala berlipat ganda," kata bupati seraya berpesan kepada masyarakat Angkola Barat khususnya dapat merawat menjaga kebersihan lingkungan masjid itu.

Syahrul M.Pasaribu yang di daulat sebagai salah satu tokoh masyarakat Sumut juga mantan Bupati Tapsel dua periode menjelaskan, bahwa peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut di masa kepemimpinan nya. 

"Karenanya, kehadiran masjid megah ini  semakin dapat memperkokoh rasa kekompakan dan persaudaraan khususnya sesama umat, serta meningkatnya rasa ukhuwah islamiah. Selain menjadi sumber inspirasi meningkatkan keimanan dan taqwa  kepada Allah Swt," kata Syahrul.

Sementara Rony Samtana dalam sambutannya mengatakan, merasa terharu dan bahagia setelah melihat masjid yang dia inisiasi dulunya akhirnya diresmikan. Serta menganggap masyarakat Tapsel merupakan keluarga dekat.

Rony tidak lupa mengungkap bagaimana dulunya sering bolak balik sambil mengayuh sepeda belasan kilometer dari Padang Sidempuan memastikan progres pembangunannya masjid yang terinspirasi dari lokasinya yang strategis di pinggir Jalan Lintas Barat Sumatera itu.

"Lantai dasar masjid ini sebagai lokasi hafal Al quran (tahfiz) dan atas tempat ibadah shalat," jelasnya seraya menegaskan terbangunnya masjid semegah itu berkat perhatian semua umat.

Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SIK, MM tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada inisiator Kombes Pol Rony Samtana yang telah secara tulus ikhlas sehingga masjid tersebut dapat diresmikan pada Sabtu (5/3).

Hadir dalam peresmian Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution,  Anggota DPRD Sumut Syamsul Qamar, Ketua DPRD Tapsel dan Padang Sidempuan Husin Sogot Simatupang dan Siswan Siswanto, Pejabat, tokoh adat masyarakat dan pemuda.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022