General Manager Hotel Horison Sky Bandara Kualanamu Endrizal menyatakan kamar Warga Negara Asing asal Inggris yang terindikasi  COVID-19 tak dijual selama tiga hari ke depan.
 
Hal itu dilakukan pihaknya untuk kenyamanan tamu sekaligus mensterilkan penyebaran virus.
 
"Kami tidak menjual kamar ditempati WNA selama tiga hari untuk dilakukan treatment sampai benar-benar dipastikan steril. Seluruh linen dan peralatan yang ada di dalam kamar dicuci terpisah dari barang lain setelah sebelumnya direndam dengan disinfektan," ujar Endrizal dalam keterangan tertulisnya diterima ANTARA, Kamis (6/1).

Baca juga: Dinkes Sumut lacak kontak erat WNA terindikasi Omicron di Medan
 
Endrizal menyebutkan, WNA asal Inggris  IAJ merupakan Crew pesawat dari PT Jasa Angkasa Semesta bersama empat orang menginap di Hotel Horison kamar 251 pada hari Senin 3 Januari 2022 
 
Kemudian, di hari Selasa manejemen melakukan tes terhadap kelima tamu tersebut. 
 
"Hasil dari pemeriksaan dilakukan oleh Klinik Sumatera Syberia Kompania, empat orang negatif. Sementara WNA asal Inggris dinyatakan positif Covid-19. Oleh karenanya, langsung melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Setelah itu bersangkutan dibawa isolasi ke Medan," sebutnya.
 
Pascatamu WNA tersebut terkonfirmasi Covid-19, seluruh staf Hotel Horison Sky Kualanamu langsung melakukan tes PCR swab di Kantor Kesehatan Pelabuhan.
 
"Dari hasil pemeriksaan, seluruh staf dinyatakan negatif. Setelah WNA asal Inggris yang terpapar
Covid-19 cek out, seluruh area koridor yang dilalui tamu dilakukan disinfektan. Begitu juga ke dalam kamar dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap," terangnya.
 
Hotel Horison Sky Kualanamu melakukan disinfektan setiap hari ke seluruh area hotel baik di dalam kamar maupun dipublik area.
 
"kita terus menjalankan protokol kesehatan dengan pengawasan langsung dari Satgas Covid-19 Bandara Kualanamu untuk meminimalkan penyebaran virus
Covid-19," pungkasnya.
 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022