PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara meresmikan proyek listrik desa di Desa Rumah Keben dan Desa Uruk Gadeng di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

"Terima kasih kepada warga serta Pemerintah Kabupatendeli Serdang yang selama ini sudah membantu dalam penyelesaian listrik desa.PLN berharap selama beroperasi nantinya juga tetap terus mendukung upaya PLN untuk menghadirkan listrik yang handal," kata General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Ia menyebutkan, pembangunan listrik desa (Lisdes) sepanjang 1.065 kms untuk HUTM dengan 1 Gardu Distribusi 50 kVA dan HUTR sepanjang 4.180 kms dengan total investasi sebesar Rp985.813.543,-

Baca juga: Sukseskan KTT G20 di Bali, PLN sediakan SPKLU "ultra fast charging"

"Kami harap saat pemeliharaan nantinya, kami diperbolehkan menebang pohon-pohon agar tidak mengganggu jaringan listrik," kata Pandapotan.

Sementara Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan menyampaikan permohonan maaf kepada warganya karena setelah 76 tahun merdeka, baru saat ini warganya bisa menikmati listrik tanpa harus ke desa lain.

"Saya atas nama Pemkab Deliserdang memohon maaf kepada warga disini karena baru saat ini bisa menghadirkan listrik.Kami pemerintah bersama PLN akan terus berusaha untuk mewujudkan pemerataan dan menghadirkan listrik yang berkeadilan sosial," kata Ashari.

Usai peresmian, PLN Sumut bersama Pemkab Deliserdang juga memberikan bantuan untuk warga Desa Rumah Keben dan Desa Uruk Gedang berupa bingkisan bahan pokok kebutuhan harian, token listrik gratis, bedah rumah, bantuan kursi roda, dan santunan anak yatim.

Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Deliserdang H.Ashari Tambunan, Manajer UP2K Ramses Hutajulu, Manajer UP3 Medan Hariadi Fitrianto, dan Camat Namo Rambe Amos F.Karo-karo.


 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021