Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo Kota Tanjungbala menggelar Uji Kompetensi Manajemen Air Minum/UKMAM yang wajib diikuti Staf Ahli Direktur, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian, Rabu (15/13) di Balai Kota setempat.

Kegiatan uji kompetensi tersebut dibuka secara resmi oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib, dan menghadirkan tim penguji dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan.

Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib dalam sambutannya mengungkapkan harapan uji kompetensi tersebut mampu meningkatkan kinerja para pegawai PDAM Tirta Kualo ke depannya.

Apalagi saat ini produksi air bersih menjadi kebutuhan merupakan beban kerja bagi seluruh perangkat PDAM Tirta Kualo. Demikian juga berbagai kendala yang masih dihadapi, terutama dalam penempatan SDM sesuai posisinya.

Setelah melalui uji kompetensi, pegawai yang nantinya menduduki posisi jabatan strategis diharapkan bisa mendukung manajemen kerja dengan memberikan pelayanan yang optimal di bidang layanan air bersih kepada masyarakat.

"Atas nama pemerintah daerah, saya berharap peserta dapat mengikuti uji kompetensi ini dengan baik. Kita harus menyadari bahwa tujuan ujian ini adalah cara untuk menempatkan seorang pegawai menduduki jabatan sesuai kompetensi yang dimiliki," ujar Waris.

Dirut PDAM Tirta Kualo, Yuhdi Gobel mengatakan dalam kegiatan uji kelayakan dan kepatutan ini adalah dalam rangka meningkatkan etos kerja di bagian masing masing, serta menentukan posisi mana dan dimana nantinya akan ditempatkan, apakah masih pada posisi sebelumnya atau tidak sama sekali.

Menurut Gobel, PDAM Tirta Kualo ingin mewujudkan pelayanan prima kepada konsumen. Untuk mendukung kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, para pegawai harus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni di bagian dan unit masing-masing.

"Kemampuan manajerial merupakan kemampuan yang sangat vital dalam proses pengelolaan unit kerja di PDAM yang memiliki dampak besar pada pelayanan air minum kepada masyarakat. Untuk kebaikan bersama dilakukan lah uji kompetensi terhadap pegawai yang nantinya akan ditempatkan menduduki jabatan sesuai kompetensinya," ujar Gobel.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021