Komunitas sedekah jumat (KSJ) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

"Alhamdulilah, bantuan sandang pangan  berupa 2,5 ton beras karung 5 kilogram, mie instan, gula, air mineral, teh dan lain sebagainya telah disalurkan oleh relawan komunitas sedekah jumat di Lumajang Jawa Timur," Ketua Umum KSJ Saharuddin SE, Sabtu (11/12).

Saharuddin menerangkan, penyaluran batuan ini merupakan tahap pertama yang terkumpul dari pembina/pendiri komunitas sedekah jumat AKBP Ikhwan Lubis SH MH serta pengurus di Sumatra Utara.

Baca juga: Pembina kartini KSJ serahkan kunci rumah baru untuk penyandang tuna netra di Batubara

"Pascabencana erupsi Gunung Semeru, KSJ bergerak cepat menyalurkan bantuan tersebut untuk para pengungsi yang berada di posko di sana. Pendistribusian sandang pangan setiap hari diberikan," terangnya.

Selian sandang pangan komunitas sedekah jumat juga memberikan obat-obatan untuk para pengungsi.

"In syah allah, kami menargetkan beras yang disalurkan 5 ton beras bersama sembako lainnya. Relawan KSJ di Lumajang Jawa Timur disiagakan di posko-posko para pengungsi untuk memantau kondisi keadaan di sana," sebutnya.

Sementara pembina dan pendiri KSJ AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh pihaknya.

"Kegiatan rutin sedekah di hari Jum'at yang dilakukan KSJ bukan hanya di Sumatra Utara, namun Pulau Jawa juga sudah malaksanakan hal sama," ujar AKBP Ikhwan Lubis yang juga Kapolres Batubara.

Mantan Kapolres Belawan ini pun mengharapkan visi dan misi besar komunitas sedekah jumat menggulirkan tagline Gerakan Nasional Sedekah Jum’at untuk mewujudkan Gerakan Indonesia Bersedekah terus berkembang ke seluruh provinsi di Indonesia.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021