Pengunjung objek wisata di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, khususnya wilayah Kabupaten Simalungun, semakin dimanjakan dengan hasil olahan kuliner lokal. 

Terbaru, kerupuk kulit ikan, yang diolah ibu-ibu PKK Pemkab Simalungun binaan PT Suri Tani Pemuka (STP) anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk, menjadi camilan renyah dan gurih "TABO Tilapia Skin". 

Baca juga: Eh, KJA di Danau Toba Parapat justru bertambah

Pelatihan dan pendampingan melalui program pembinaan UMKM Toba Tilapia pada Oktober 2021, mulai menunjukkan hasil. 

"Sebanyak 250 bungkus sudah kami edarkan," sebut Demi Krista Sidauruk, warga Dusun II Huta Bolon Nagori, Pematang Tambun Raya, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Jumat (3/12). 

Memang, hasil olahan kulit ikan itu masih sebatas dipasarkan di lokasi-lokasi wisata, warung dan restoran di kawasan Simalungun dan sekitarnya.

Namun ke depannya, diupayakan menjadi camilan khas Danau Toba yang bisa dikenal masyarakat se-Indonesia bahkan dunia. 

Deputy Head of Tilapia Operation PT STP Imam Santoso mengatakan, pihaknya berperan sebagai fasilitator awal, dengan memberikan peralatan memasak, menyediakan kulit ikan, pelatihan cara memasak berikut resep untuk membuat kerupuk kulit ikan, serta pelatihan dan pendampingan untuk memasarkan produk.

Pembinaan tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam merangkul masyarakat untuk dapat mengembangkan diri, mandiri dan berdaya saing di industri pariwisata.

Selain mendapatkan manfaat ekonomi untuk membantu penghidupan keluarga, para anggota PKK ini juga turut memperkenalkan produk asli setempat. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021