Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada November 2021 seluruh kota indeks harga konsumen (IHK) di Sumatera Utara mengalami inflasi sehingga secara gabungan pada bulan itu inflasi mencapai 0,47 persen.

"Inflasi terbesar terjadi pada daerah  Gunung Sitoli yakni sebesar 0,71 persen," ujar Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Rabu (1/12).

Setelah Gunung Sitoli, inflasi terbesar di Pematangsiantar sebesar 0,58 persen, Sibolga 0,47 persen, Medan 0,46 persen dan Padangsidimpuan sebesar 0,44 persen.

Inflasi terjadi akibat kenaikan harga dari delapan kelompok pengeluaran. Mulai kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang sebesar 0,55 persen; kelompok pakaian dan alas kaki  0,55 persen.

Baca juga: Kota Padangsidimpuan pengendali inflasi terbaik se Sumut

Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga  0,33 persen; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,51 persen. 

Kemudian kelompok kesehatan sebesar 0,07 persen; kelompok transportasi 1,25 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran 0,07 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,50 persen. 

Hanya tiga kelompok pengeluaran yang tidak mengalami perubahan indeks, yakni kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya; serta kelompok pendidikan.

Ada pun komoditas utama penyumbang inflasi selama November 2021 di Medan yakni cabai merah, angkutan udara, minyak goreng, sewa rumah, udang basah, telur ayam ras, dan ikan dencis.

"Dengan inflasi sebesar 0,47 persen di November, inflasi Sumut secara tahunan sebesar 1,24 persen," katanya. 

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut, Soekowardojo, mengatakan BI memprediksi inflasi Sumut sepanjang 2021 bisa lebih besar dari 2020 karena tren menguatnya harga berbagai barang sebagai salah satu dampak pandemi COVID-19. 

Namun, katanya, BI masih yakin inflasi Sumut tahun 2021 seperti yang diperkirakan di rentang sasaran nasional di angka 3 plus minus satu persen dengan bias ke bawah.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021