Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) menggelar Konsultasi Publik Analisis dan Penyusunan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Kota Tebing Tinggi, Rabu (24/11) di ruang Aula Hotel Amanda, .

Disampaikan Kabid Tata Ruang dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Dinas PUPR Dedi Fadillah mewakili Kadis PUPR, bahwa maksud acara ini adalah menyiapkan bahan yang menjadi landasan spasial pembangunan. 

Melalui penyusunan materi teknis RDTR sebagai dasar pemberian izin dan instrumen pengendalian pemanfaatan ruang, dengan tujuan membantu Pemerintah Kota Tebing Tinggi dalam Penyusunan Analisis dan konsep RDTR sebagai landasan penyusunan Materi Teknis RDTR Kawasan perkotaan di Kota Tebing Tinggi.

Baca juga: Tebing Tinggi terima penghargaan TPID terbaik se Sumut 2021

Adapun sasarannya adalah tersedianya dokumen Penyusunan Analisis dan Konsep RDTR Kawasan Perkotaan di Kota Tebing Tinggi serta dokumen KLHS RDTR OSS Kawasan Perkotaan Kota Tebing Tinggi. 

Sementara tujuan konsultasi publik adalah menyepakati dengan hasil rumusan dari perumusan indikasi program, perumusan peraturan zonasi dan perumusan Ranperkada RDTR Kawasan Perkotaan di Kota Tebing Tinggi.

Dengan sasaran konsultasi publik ialah Berita acara Kesepakatan terkait; penyepakatan indikasi program, penyepakatan peraturan zonasi dan penyepakatan Ranperkada RDTR Kawasan Perkotaan di Kota Tebing Tinggi.

Yang mana konsep Tata Ruang terdiri dari konsep tujuan penataan ruang Kota, konsep rencana struktur ruang Kota, konsep rencana pola ruang Kota, ketentuan pemanfaatan ruang dan konsep peraturan zonasi. 

Dengan tujuan penataan ruang Kota Tebing Tinggi yaitu terwujudnya Kota Tebing Tinggi sebagai kawasan terpadu yang berkelanjutan didukung dengan sarana dan prasarana tang berdaya saing.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gul Bakhri Siregar, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan konsultasi ini merupakan tanggungjawab bersama dengan stakeholder terkait, dan berharap kedepannya lebih sempurna dalam penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Kota Tebing Tinggi.

"Kegiatan ini  menjadi tanggungjawab kita, bergerak bukan atas kepentingan kelompok atau pribadi, tapi sudah direncanakan dari awal dan sebagai penghubung dalam pelaksanaan kegiatan, dengan harapan lebih sempurna penyusunan ini, apalagi Pemkot dibantu Konsultan dari jakarta," ujar Gul Bakhri Siregar, 

Turut hadir Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, perwakilan Kepala OPD dan instansi terkait, Team leader penyusun RDTR OSS Kota Tebing Tinggi Nurfitriany Rahaju. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021