Kota Tebing Tinggi ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai kota terbaik dalam pengendalian inflasi daerah terbaik se-Sumatera Utara Tahun 2021.

Untuk itu Pemerintah Kota Tebing Tinggi menerima penghargaan pengendalian inflasi daerah terbaik se-Sumatera Utara Tahun 2021 pada Road to TPID 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Bank Indonesia (BI) Sumut Soekowardojo dan diterima oleh Wali Kota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi  di Grand Ballroom Hotel Adimulia Medan, Rabu (24/11). 

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Tebing Tinggi Dedi.P.Siagian yang ikut mendapingi Wali Kota bersama Kabag Perekononian dan SDA Kamis (25/11) di Balai Kota Tebing Tinggi 

Baca juga: Gelar vaksinasi warga di Tebing Tiinggi dari 31 tahun AKABRI mengabdi

Dalam sambutan Kepala BI, Soekowardojo mengatakan terdapat tiga indikator utama dalam penilaian TPID Awards, yaitu aspek proses, program unggulan, dan outcome. Aspek proses memiliki bobot 20 persen, program unggulan 30 persen, dan outcome berbobot 50 persen.

Salah satu faktor penting dalam penilaian tersebut menurut Soekowardojo  adalah kolaborasi. Di setiap kegiatan pengendalian inflasi. 

Kota Tebing Tinggi  selalu melibatkan banyak pihak sehingga koordinasi dan penentuan kebijakan program menjadi mudah dan tepat sasaran.

Model kolaborasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tebing Tinggi bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya, kata Soekowardojo.

"Misalnya, setiap hendak memasuki masa panen, Tebing Tinggi  selalu berkoordinasi dengan Pemerintah pusat, Provinsi Sumatera Utara dan stakholder yang terkait. Demikian juga dengan hal lainnya, tambah Soekowardojo.

Sementara Wali Kota Tebing Tinggi IH. Umar Zunaidi Hasibuan, Mmengucapkan terima kasih kepada seluruh tim TPID Kota Tebing Tinggi yang telah bekerja keras, dan juga kepada pemerintah pusat dan provinsi atas perhatiannya kepada Pemkot Tebing Tinggi selama ini. 

Dalam pengendalian inflasi, menurut Wali Kota, selama ini selalu menerapkan dua hal, yaitu sinergi dan inovasi.

Kami selalu libatkan banyak pihak dalam menjalankan program-program mendukung pengendalian infalasi. Dukungan penuh pemerintah beserta stakeholder terkait bisa membuat Kota Tebing Tinggi  dapat mengendalikan inflasi pada tahun ini dan kedepannya nanti, ucap Wali Kota.

Dalam penyerahan tersebut juga turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Kepala OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Kepala BI (Bank Indonesia) Sumatera Utara dan perwakilan negara Sahabat.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021