Kepala Badan Intelijien Negara (BIN) Daerah Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana berkunjung ke Labuhanbatu Utara, Rabu (24/11). Kedatangannya juga membawa 2.000 dosis vaksin dalam rangka percepatan program vaksinasi di kabupaten/kota yang pencapaiannya belum pada titik aman.

Pada kunjungan ke tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut, Asep Jauhari melaksanakan kegiatan di tiga titik yang berada di Kecamatan Kualuhselatan masing-masing di SMAN-1 Kualuhselatan, di Lingkungan XII Atas II Kelurahan Guntingsaga dan SMK Jauhari Kualuhselatan.

“Mulai minggu yang lalu kita setiap hari melakukan vaksin di kabupaten-kabupaten. Hari ini pelaksanaan dilakukan di dua daerah yaitu Labura dan Kota Binjai. Untuk Labura kita membawa 2.000 dosis, sementara di Kota Binjai 500 dosis,” katanya.

Baca juga: Bupati Labura "manyonggot" Kapolres Labuhanbatu

Fokus vaksinasi adalah kalangan pelajar dan masyarakat, khususnya para warga lanjut usia (lansia). Pada kesempatan itu, pihaknya juga membawa sembako bagi para lansia yang mengikuti vaksinasi.

“Sembako ini, selain yang kami bawa dari Gerakan Berbagi, juga berasal dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara,” tambahnya dalam acara yang juga dihadiri Bupati Hendriyanto Sitorus, SE, MM dan wakilnya H Samsul Tanjung, ST, MH tersebut.

Lebih lanjut alumnus Akabri 1990 itu menjelaskan, kehadiran lembaga yang dipimpinnya dalam rangka membantu pemerintah daerah mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Kendati demikian ia berharap, walau sudah divaksin, warga hendaknya tetap menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

Berkaitan dengan pencapaian vaksin di Labura, jenderal bintang satu itu menyebutkan masih 41 persen. “Mudah-mudahan dengan adanya serbuan vaksin ini, untuk mendapatkan kekebalan komunal minimal 70 persen bisai kita laksanakan,” harapnya.

Salah seorang lansia yang turut divaksin pada hari itu adalah Kholijah Panjaitan yang telah berusia 80 tahun bertempat di Lingkungan XII Atas II Kelurahan Guntingsaga.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021